Follow Us

5 Rekomendasi Band Black Metal Indonesia dengan Pengaruh Kejawen

None - Senin, 15 Februari 2021 | 17:00
Immortal Rites
Dok. Immortal Rites / Musik Keras

Immortal Rites

HAI ONLINE - Black metal merupakan salah satu subgenre dari musik metal yang cukup populer dan menyebar dengan masif di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Varian ini dipopulerkan oleh gelombang musik yang berawal di Eropa Utara atau Norwegian Black Metal (NBM) melalui nama-nama yang ikonik seperti Marduk, Burzum, ataupun Darkthrone.

Baca Juga: 9 Album Emo Ikonik Yang Kini Berusia 15 Tahun, Mana yang Jadi Favorit?

Sajian mistisisme dan paganisme adalah tema yang sangat berkaitan dengan black metal, lengkap dengan perangai yang serba bengis dan menyeramkan.

Mistisisme dan paganisme ala Eropa yang erat kaitannya dengan luciferianism ataupun antichrist tidaklah cukup populer di Indonesia.

Sehingga, banyak band black metal yang terbentuk di Indonesia - khususnya di Pulau Jawa bagian Tengah dan Timur - menorehkan sajian kearifan dan kepercayaan lokal yang beririsan dengan tema mistisisme dan paganisme tersebut, yakni Kejawen.

Kalo kamu suka banget dengan musik metal, berikut HAI sajikan 5 rekomendasi band black metal Indonesia dengan pengaruh Kejawen kental yang harus kamu simak. Sikat fren!

Makam

Makam
Dok. Makam

Makam

Terbentuk sejak 1995 di Kota Solo, Makam adalah unit seram yang mengedepankan kombinasi unsur nada dasar metal dengan nada pentatonik khas Pulau Jawa.

Makam menjadi salah satu band yang memelopori gelombang JBM ini juga kerap memadukan instrumen etnik seperti gamelan dan kendang dalam setiap penampilannya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest