Follow Us

Samsung Galaxy S21 Series yang Dijual di Indonesia Bakal Mendukung 5G

None - Senin, 25 Januari 2021 | 08:44
Samsung Galaxy S21 Series
Samsung

Samsung Galaxy S21 Series

HAI-Online.com - Seri flagship Samsung yang baru saja diluncurkan, Galaxy S21 Series bakal menjadi smartphone Samsung pertama yang membawa teknologi 5G di Indonesia.

"Galaxy S21 yang masuk ke Indonesia sudah support 5G dan juga bisa dipakai jika ke luar negeri," kata Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan.

Meski demikian, fitur 5G Galaxy S21 untuk saat ini belum bisa digunakan di Indonesia.

Sebab, penerapan layanan dan komersialisasi jaringan 5G di Indonesia sendiri belum dimulai.

Taufiq mengungkapkan, Samsung Galaxy S21 5G menggunakan teknologi Sub-6 yaitu teknologi 5G yang menggunakan frekuensi di bawah spektrum 6 GHz.

Baca Juga: First Look Samsung Galaxy S21+ 5G: Ikut-Ikutan Namun Menawan

Frekuensi 5G yang disiapkan di Indonesia sendiri adalah 2,3 GHz, yang artinya termasuk dalam Sub-6.

Hal ini merupakan perbedaan antara Samsung Galaxy S21 5G yang dirilis di Indonesia, dengan S21 5G di beberapa negara lainnya, yang menggunakan teknologi mmWave.

"Ini (Galaxy S21 5G) support yang kemarin dilelang pemerintah (frekuensi 2,3 GHz). Di Indonesia kita pakai yang Sub-6," ujar Taufiq.

Teknologi Sub-6 sendiri saat ini sudah diadopsi oleh beberapa negara di dunia, sebagai langkah awal menggelar jaringan 5G, seperti Amerika Serikat, China, Uni Eropa, Jepang, dan Korea Selatan.

Saat ini ada dua spektrum frekuensi 5G yang digunakan di seluruh dunia, yaitu mmWave dan sub-6GHz. MmWave mengacu pada spektrum frekuensi radio antara 24 GHz-40 GHz.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest