Follow Us

Ngincer Masuk ITS? Ini Jalur Masuk 2021 untuk Calon Mahasiswa Baru

None - Minggu, 17 Januari 2021 | 14:17
Ilustrasi beasiswa
PIXABAY/GREYMATTERS

Ilustrasi beasiswa

HAI-Online.com - Buat kalian para calon mahasiswa yang memang mengincar Institut Teknologi Surabaya (ITS) sebagai perguruan tinggi favorit, perlu diketahui ITS juga mulai melakukan sosialisasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN, dan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2021.

Baca Juga: Bersetting Jepang Feodal, Ini Dia 4 Fakta Film Mortal Kombat yang Diperankan Joe Taslim

Direktur Pendidikan ITS Dr. Siti Machmudah, S.T., M.Eng., melalui talkshow secara daring, Sabtu (16/1/2021), mengatakan untuk 2021 jalur penerimaan mahasiswa baru di ITS masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Adapun PMB di ITS bisa melewati jalur SNMPTN, SBMPTN, juga Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Untuk porsinya yakni: 1. SNMPTN kuota 20 persen 2. SBMPTN kuota 30 persen 3. Sisanya untuk jalur SKM

Pada jalur SNMPTN, ITS akan menilai berdasarkan indeks sekolah yang mempertimbangkan akreditasi sekolah, alumni yang diterima SNMPTN di PTN Indonesia, dan alumni yang diterima SBMPTN di PTN di Indonesia.

Setelah itu, siswa akan dibandingkan dengan siswa lain pada sekolah tersebut yang mendaftar di ITS.

"Perbandingan ini diutamakan pada nilai rapor, kemudian didukung dengan sertifikat yang disertakan seperti kejuaraan olimpiade sains, olahraga, karya ilmiah, seni, hafiz, dan ketua OSIS," jelas Machmudah.

Kemudian ada jalur SBMPTN, penilaian masih sama seperti tahun lalu dengan menggunakan skor dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Baca Juga: Pertandingan Sepak Bola Ini Tertutup Salju, Pemain Berkamuflase

Sementara, Koordinator Sosial dan Promosi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2021, Dr. Ismaini Zain, M.Si., yang juga dihadirkan sebagai narasumber mengungkapkan, pada tahun ini UTBK akan sedikit berbeda.

Pada tahun ini, materi UTBK akan terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). "Untuk kelompok ujian akan tersedia Saintek, Soahum, dan campuran," ujarnya.

Dr. Ismaini menambahkan, tahun ini pendaftaran SBMPTN akan dilaksanakan langsung setelah siswa mendaftar untuk UTBK.

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest