Follow Us

Daftar Beasiswa S1-S3 Turki, Kuliah Gratis dan Dapat Tunjangan

None - Kamis, 14 Januari 2021 | 10:36
Ilustrasi beasiswa
PIXABAY/GREYMATTERS

Ilustrasi beasiswa

HAI-Online.com - Ada kabar bagus nih buat kalian yang sedang mencari beasiswa terutama ke Turki.

Baru-baru ini pemerintah Turki kembali membuka Türkiye Scholarships, sebuah beasiswa penuh untuk melanjutkan kuliah S1, S2, dan S3 di perguruan tinggi yang ada di Turki. Untuk beasiswa ini, pelamar nggak perlu mengajukan pendaftaran terpisah pada universitas yang dituju.

Baca Juga: Nge-Tweet 'Meme' Idolmaster, Elon Musk Bikin Saham Bandai Namco Meroket

Caranya dengan menggunakan formulir pendaftaran online beasiswa, pelamar juga bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati. Sehingga saat pelamar dinyatakan lulus beasiswa, secara otomatis diterima di universitas Turki.

Perlu diperhatikan bahwa nantinya selama kuliah akan menggunakan bahasa Turki. Namun, ada juga program studi (prodi) yang menggunakan bahasa Inggris, Perancis, atau Arab.Makanya nih, sebelum mendaftar beasiswa, pelamar harus mencermati bahasa pengantar apa yang bakal digunakan dalam prodi yang dilamar. Hal ini penting supaya kalian dapat mengerti dengan jelas pelajaran-pelajaran yang akan diterima nantinya.

Pada program beasiswa ini, pelamar juga akan memperoleh kursus bahasa Turki secara gratis selama satu tahun sebelum masa kuliah. Hal ini demi membantu penerima beasiswa saat proses perkuliahan di Turki. Adapun, durasi program beasiswa:

1. Program S1: selama 4-6 tahun (tergantung masing-masing program studi) + 1 tahun kursus bahasa Turki. 2. Program S2: selama 2 tahun + 1 tahun kursus bahasa Turki. 3. Program S3: selama 4 tahun + 1 tahun kursus bahasa Turki. Cakupan beasiswa Turki:

1. Gratis biaya kuliah hingga lulus studi. 2. Tunjangan per bulan senilai 800 TL (± Rp 1,5juta) untuk mahasiswa S1, 1100 TL (± Rp 2 juta) untuk mahasiswa S2, dan 1600 TL (± Rp 3 juta) untuk mahasiswa S3. 3. Peroleh akomodasi atau tempat tinggal. 4. Asuransi kesehatan. 5. Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir masa studi. 6. Gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan. 7. Penerima beasiswa juga akan memperoleh bimbingan sosial, budaya, dan akademik.

Baca Juga: TikTok Awards 2020 Siap Digelar, Ini Dia Daftar Nominasi Lengkapnya

Persyaratan pendaftar beasiswa Turki:

1. Merupakan warga negara selain Turki. 2. Sebelumnya nggak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar. 3. Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat, S1 atau S2 sebelum September 2021. Untuk pelamar kelas 12 SMA/SMK/Sederajat, atau mahasiswa yang akan lulus sebelum September 2021 juga bisa mendaftar. 4. Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3. 5. Nilai rata-rata minimum 70 untuk pelamar beasiswa S1, minimum 75 untuk pelamar beasiswa S2 dan S3, serta minimum 90 untuk pelamar Program Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi. 6. Pelamar nggak diharuskan dapat berbahasa Turki kok, karena para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis sebelum masa perkuliahan. Cara mendaftar beasiswa Turki:

1. Pendaftaran beasiswa Turki bisa dilakukan secara online pada website resmi, https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/. 2. Setelah itu bisa mengklik tulisan register untuk membuat akun baru, masukkan email dan password yang akan digunakan saat login. 3. Kemudian, kamu bisa mengecek email pribadi untuk konfirmasi link aktivasi akun pendaftaran beasiswa Turki. 4. Isi formulir sesuai dengan data-data yang diminta. Jangan lupa, seluruh dokumen yang diupload harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau Turki. 5. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi, maka bisa mengikuti seleksi wawancara yang akan diinformasikan lewat email yang sudah didaftarkan. 6. Jalani proses wawancara pada Maret-Juni 2021. 7. Pengumuman akhir penerima beasiswa akan jatuh pada Juli 2021. Batas waktu pendaftaran beasiswa Turki akan berakhir di tanggal 20 Februari 2021.

Baca Juga: Begini Cara Registrasi dan Verifikasi Akun SNMPTN 2021, Yuk DIlihat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com .Penulis: Ferry Budi Saputra

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest