Follow Us

Fakta Di Balik Topeng Ikonik Mendiang MF Doom, Ternyata Inspirasinya Bukan Doctor Doom

Bagas Rahadian - Minggu, 03 Januari 2021 | 14:27
CHICAGO - JULY 18:  Hip hop artist DOOM performs onstage during the Pitchfork Music Festival at Union Park on July 18, 2009 in Chicago.  (Photo by Roger Kisby/Getty Images)
Getty Images North America

CHICAGO - JULY 18: Hip hop artist DOOM performs onstage during the Pitchfork Music Festival at Union Park on July 18, 2009 in Chicago. (Photo by Roger Kisby/Getty Images)

HAI Online.com - Tahun 2020 ditutup dengan sebuah berita duka dari dunia musik hip hop.

Rapper yang identik dengan topeng logamnya (metal mask), MF Doom meninggal di usia 49 tahun.

Doom sebenarnya telah meninggal pada 31 Oktober 2020 lalu, namun kabar kematiannya baru diungkap oleh sang istri, Jasmine Dumile, melalui akun Instagram Doom pada 31 Desember 2020.

Hingga kini, pihak keluarga belum mengungkap penyebab kematian rapper dan produser bernama asli Daniel Dumiel tersebut pada tiga bulan lalu.

Selama ini, publik tentu mengenal MF Doom dengan topeng ikoniknya, yang publik kerap yakini mengambil rujukan dari karakter Dr. Doom. Kendati nama panggungnya kelak adalah 'Doom', dan Doom sering ngomongin soal super villain serta hal-hal khas komik lainnya, namun sejarah dari topeng itu ternyata nggak punya hubungan apapun sama karakter penjahat super komik Marvel tersebut.

Malah, topeng itu kabarnya terinspirasi dan merupakan replika asli dari topeng di film tahun 2000, yakni 'Gladiator'.

Cuplikan film Gladiator (2000)
Grunge.com

Cuplikan film Gladiator (2000)

Film bergenre kolosal dengan latar zaman Kekaisaran Romawi itu menampilkan karakter bernama Maximus Decimus Meridius, yang di sebuah adegan menggunakan topeng yang digunakan MF Doom di sepanjang kariernya.

Mengutip situs OkayPlayer, semua berawal ketika kawan MF Doom melihat replika topeng tersebut ketika film Gladiator dirilis.

"... Seorang teman mengatakan kepada saya bahwa dia melihat topeng yang cocok untuk karakter DOOM. Saya mempercayainya, meskipun itu agak mahal," ungkap mendiang MF Doom kala itu, mengutip dari OkayPlayer.

Baca Juga: 5 Video Musik Ini Dituduh Jiplak Video Klip Lain Karena Mirip Banget

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest