Follow Us

Pertumbuhan Penis untuk Kamu yang Masih Usia Belasan, Normalnya Nambah 2,5 cm per Tahun

Al Sobry - Sabtu, 02 Januari 2021 | 20:30
Pertumbuhan Penis untuk Kamu yang Masih Usia Belasan, Normalnya Nambah 2,5 cm per Tahun
Klikdokter

Pertumbuhan Penis untuk Kamu yang Masih Usia Belasan, Normalnya Nambah 2,5 cm per Tahun

HAI-Online.com - Mungkin info satu ini jarang muncul di mata pelajaran biologi, yaitu tentang pertumbuhan penis yang ternyata udah dimulai sejak dalam kandungan, guys!

Baru ketika ada pengaruh testosteron, organ seks bayi laki-laki mulai berkembang menjadi penis dan tumbuh sepasang testis dalam buah zakar.
Pertumbuhan penis biasanya dimulai pada minggu ke-9 kehamilan, dan akan terbentuk sepenuhnya pada akhir minggu ke-20.

Baca Juga: Penis Nggak Bisa Dikontrol Karena Bergerak Otonom, tapi Libido Bisa Ditahan Bro!

Dari bayi baru lahir hingga anak-anak, biasanya ukuran penis bertumbuh lambat. Barulah kemudian mulai bertambah panjang dan menebal di rentang usia pubertas atau ABG.

Nah, penelitian 2019 mengungkap bahwa banyak anak laki-laki sekarang yang mengalami pubertas lebih awal dibanding pada satu dekade lalu.

Dilansir HAI dari Healthgrades, masa pubertas laki-laki bisa dimulai sejak usia 9 atau 15 tahun dan selama itu penis terus bertumbuh hingga 4 tahun lamanya.

Pubertas sejumlah anak laki-laki juga ada yang berakhir lebih awal yaitu pada usia 13 tahun sedangkan yang lain bertahan hingga usia 19 tahun. Secara umum, pubertas ini biasa dialami mulai usia 9 hingga 16 tahun.

Kamu yang masih di usia belasan ini perlu tahu, bahwa saat pubertas ini, cowok nggak cuma bakal jadi lebih tinggi, suara menjadi lebih berat, tumbuh pubic hair atau rambut kemaluan, serta alat vital yang membesar.

Pertunbuhan penis usia remaja

Pertunbuhan penis usia remaja

Perubahan alat vital ini biasanya terjadi juga pada testikel yang ikut membesar.

Nah, dalam setahun setelah testikel membesar, normalnya penis juga bakal memanjang. Tahap selanjutnya adalah lingkar atau ketebalan penis juga meningkat.

Bagi sebagian besar anak laki-laki, membesarnya penis secara luar biasa ini terjadi pada usia 11 hingga 15 tahun. Rentang waktu tersebut, secara rata-rata mencatat pertumbuhan penis 2,5 cm setiap tahunnya.

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest