Follow Us

Minat Ambil Kuliah IPA? Ini Dia Prospek 5 Jurusan beserta Gajinya

None - Minggu, 27 Desember 2020 | 13:30
Fakultas Kedokteran di Indonesia Sedikit Punya Akreditasi A!

Fakultas Kedokteran di Indonesia Sedikit Punya Akreditasi A!

HAI-ONLINE.COM - Siapa aja nih yang udah minat masuk jurusan kuliah IPA? Apa masih bingung?

Menentukan jurusan kuliah jadi hal penting yang mesti kalian lakuin buat masa depan kalian. Sebab, jurusan yang kalian ambil nanti bakalan berkaitan pada pendidikan, karier, hingga penghasilan. Nah, bagi lo yang ingin memilih jurusan kuliah IPA, nggak ada salahnya untuk mempertimbangkan prospek kerja dan kisaran penghasilan sebelum memutuskan untuk memilih jurusan. Meski begitu, jangan lupain juga pertimbangan seperti minat dan bakat dalam memilih jurusan. Sebab, minat akan membuat lo bersemangat menjalani perkuliahan meski mata pelajaran cukup berat, sementara bakat dapat mendorong lo untuk berprestasi di bidang yang lo geluti. Merangkum laman Pintek.id, simak prospek kerja jurusan kuliah IPA dan kisaran gajinya di bawah ini.

Baca Juga: Klarifikasi Erajaya Usai Dituding TikTokers Kasih Pelayanan 'Nggak Menyenangkan' di iBox#1 Kedokteran Teknologi di era 4.0 belum mampu menggantikan peran seorang dokter untuk melayani pasien. Itulah mengapa, profesi ini tetap menjadi pilihan. Nggak heran bila jurusan Kedokteran menjadi jurusan IPA paling favorit setiap tahunnya. Selain mulia, bekerja sebagai dokter juga merupakan profesi yang bergengsi dan dinilai memiliki prospek penghasilan yang cukup besar. Lo bisa membuka praktek sendiri atau mengabdi di rumah sakit dan klinik. Gaji seorang dokter umum di rumah sakit terkemuka bisa mencapai Rp 12 juta hingga Rp 15 juta. Sementara untuk dokter spesialis penghasilannya bisa mencapai antara Rp 20 juta sampai Rp 50 juta. Meski begitu, menurut Ikatan Dokter Indonesia di tahun 2016, gaji seorang dokter umum diharapkan paling sedikit Rp 17 juta, sementara dokter spesialis minimal harus mengantongi Rp 40 juta per bulan. Alasannya karena seorang dokter wajib belajar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan yang pesat di bidang kesehatan. #2 Arsitek Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia. Para mahasiswa di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Beberapa faktor yang mempengaruhi gaji profesi sebagai arsitek adalah latar belakang studi, tingkat perusahaan, dan portofolio seseorang. Bila bergabung dengan perusahaan besar, gaji standar yang bisa lo dapatkan sebagai lulusan baru sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Kemudian untuk tingkat manajer, standar gaji lo bisa menyentuh minimal Rp 15 juta. Seorang arsitektur terkemuka dengan pengalaman berkarya yang panjang bahkan bisa menetapkan harga ratusan juta rupiah untuk jasa rancangan gedungnya.

#3 Teknik Perminyakan Sebagai salah satu negara dengan sumber daya alam minyak dan gas bumi, berkarier di perusahaan minyak dan gas bumi (migas) masih dianggap cukup menjanjikan bagi sejumlah orang. Jika lo adalah salah satu yang memiliki mimpi bekerja di perusahaan migas, jurusan Teknik Perminyakan bisa jadi pertimbangan karena lulusannya cukup dibutuhkan di perusahaan-perusahaan pertambangan. Perusahaan minyak nasional memiliki standar gaji seenggaknya Rp 8 juta sampai Rp 15 juta untuk pegawai yang baru lulus. Sementara sebagai karyawan senior berkesempatan mendapat gaji mulai Rp 30 juta. #4 Teknik Sipil Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, nggak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Sebagai negara berkembang, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di mana-mana. Karenanya, para ahli di bidang Teknik Sipil akan sangat dibutuhkan untuk menyukseskan pembangunan. Sebagai seorang junior yang baru menyelesaikan studi, lo bisa mendapatkan gaji fresh graduate mulai Rp 4 juta. Namun, bila proyek bangunan yang dikerjakan adalah proyek-proyek raksasa, maka gaji yang ditawarkan bisa belasan juta.

#5 Farmasi Farmasi menjadi salah satu jurusan yang akan tetap menjanjikan peluang kerja di era 4.0. Lulusan farmasi tetap dibutuhkan di rumah sakit, apotek dan lembaga kesehatan. Program studi ini mempelajari tentang obat-obatan, mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Seorang apoteker bisa meraup gaji bulanan mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 16 juta sesuai posisi. Alternatif lainnya adalah berkarier pada perusahaan nasional produsen obat. Kisaran gaji yang dapat dikantongi per bulan mulai Rp 4 juta untuk karyawan junior.

Penulis: Hanif PanduArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ragam Prospek Kerja Jurusan Kuliah IPA dan Kisaran Gaji"

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular