Follow Us

Tes Swab Ngasal ala BCL dan Teman-Teman Tidak Disarankan Satgas Covid-19

Al Sobry - Kamis, 10 Desember 2020 | 11:05
BCL lakukan swab test sendiri ke teman-temannya
Instagram @bclsinclair

BCL lakukan swab test sendiri ke teman-temannya

HAI-Online.com - Koordinator Relawan Satgas Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i menilai tindakan yang dilakukan BCL dan teman-teman artisnya tidak untuk ditiru masyarakat awam.

Hal tersebut tidak dianjurkan karena memiliki risiko terhadap orang yang diusap hidung dalamnya.

Sebagai tenaga medis, dr. Adda'i sepertindikutip.dari Grid.id tidak menganjurkan seseorang melakukan swab tes mandiri yang bukan dilakukan oleh tenaga medis.

Baca Juga: Lakukan Tes Swab Ngasal, BCL Hapus Postingan Usap Hidung Teman Tanpa Tenaga medis

"Sangat tidak disarankan, nggak boleh, saya sebagai tenaga medis melarang itu supaya tidak diikutin banyak orang," katanya kepada Grid.ID melalui sambungan telepon, Rabu (9/12/2020).

dr. Muhamad Fajri Adda'i tak menginginkan ada korban baru yang berjatuhan berbarengan dengan infeksi dan tindakan pencegahan yang keliru.

"Udah pandemi ini nggak selesai, ditambah gitu semakin banyak penularan, menimbulkan rasa aman yang palsu," katanya lagi.

Secara lebih detil, ia menjelaskan beberapa alasan sehingga tes swab mandiri tanpa tenaga medis perlu untuk dihindari untuk tidak menimbulkan false negatif atau negatif yang palsu.

"Swab itu kan cara mengambilnya, itu kalau kita ngambilnya nggak benar itu false negatifnya tinggi, Swab antigen yang ketika jumlah kumannya sedikit itu kemampuan menemukannya jauh lebih rendah, bahkan beberapa case, itu sensitifitasnya nol," katanya lagi.

Selain dikhawatirkan memberikan hasil negatif yang palsu, mereka yang melakukan swab mandiri dan tidak dengan pertolongan medis berisiko membahayakan fungsi indra penciuman dan area tenggorokan.

Menurutnya, proses usap yang keliru di rongga hidung ternyata bisa membawa masalah baru dan penyebab sumber penyakit lainnya.

Baca Juga: Depok Disebut Kota Percobaan: Pasien Covid Pertama dan Vaksin Sinovac

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest