Follow Us

10 Tanda yang Muncul Di Kaki Ini Bisa Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya

Dio Firdaus - Selasa, 10 November 2020 | 20:00
Ilustrasi kram kaki.
kompas.com

Ilustrasi kram kaki.

HAI-ONLINE.COM- Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Mulai dari berolahraga sampai mengonsumsi buah dan sayur.Ternyata tak hanya itu saja, kita juga harus peka terhadap tanda-tanda pada tubuh yang bisa menjadi gejala penyakit.Mengapa begitu? Jika kita peka, kemungkinan penyakit yang kita alami bisa cepat ditangani sebelum parah.Berikut ini adalah sepuluh tanda di kaki yang bisa jadi pertanda penyakit berbahaya. Yuk, simak!1. Kaki kering dan bersisikKondisi kaki ini bisa menunjukkan masalah tiroid, apalagi jika pelembap bahkan nggak bisa membantu kaki kita lebih baik.Ketika kelenjar tiroid (kelenjar berbentuk kupu-kupu di pangkal leher) bergerak ke atas, nggak menghasilkan hormon tiroid, yang menjaga laju metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan pengembangan sistem kerangka dan saraf.Masalah tiroid menyebabkan kekeringan parah pada kulit, jelas Marlene Reid, DPM, spesialis kaki di Naperville Illinois, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.Kalau kita mengalami hal ini disarankan untuk segera periksa ke dokter untuk memastikan tiroid baik-baik aja.2. Jari kaki botakHal ini bisa jadi berhubungan sama penyakit arteri. Jika bulu pada jari-jari kaki tiba-tiba menghilang, itu bisa menandakan sirkulasi darah buruk yang disebabkan oleh penyakit arteri perifer (PAD).Penyakit ini bisa mencakup penurunan pertumbuhan rambut di kaki dan pergelangan kaki, jari kaki keunguan, dan kulit tipis atau mengkilap, jelas Suzanne Fuchs, DPM, seorang ahli bedah podiatrik di North Shore University Hospital di New York.

Baca Juga: Opera Buka Lowongan Kerja Buat Lo Yang Doyan Komenin Meme Lucu, Gajinya Ratusan Juta

3. Bisul di kaki yang nggak kunjung sembuhBisul pada kaki biasa dikaitkan dengan diabetes. Kadar glukosa yang nggak terkontrol bisa merusak saraf dan menyebabkan sirkulasi yang buruk, sehingga darah nggak mencapai kaki.4. Jempol kaki yang membesar dan menyakitkan

Ilustrasi jempol bengkak
Mayo Clinic

Ilustrasi jempol bengkak

Bisa jadi hal ini berkaitan sama makanan yang kita konsumsi. Kalau kita adalah penikmat steak nggak menutup kemungkinan kita menderita gout.Gout adalah sejenis radang sendi yang biasanya menyerang sendi jempol kaki.Makanan tinggi purin, senyawa kimia yang ditemukan pada daging merah, dan ikan bisa memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.Asam urat biasanya diekskresikan melalui urin, tetapi diproduksi berlebihan atau kurang diekskresikan pada beberapa orang.Akibatnya, ada pengendapan asam urat di persendian, paling umum jempol kaki atau pergelangan kaki.5. Ada garis merah di bawah kuku kakiBisa jadi, infeksi jantung. Garis-garis merah di bawah kuku kaki atau kuku tangan bisa menjadi pembuluh darah pecah yang dikenal sebagai perdarahan serpihan.Ini terjadi ketika gumpalan darah kecil merusak kapiler kecil di bawah kuku. Mereka bisa menandakan endokarditis, infeksi lapisan dalam jantung.Orang yang memiliki masalah dengan jantung, pernah menerima alat pacu jantung, atau memiliki sistem kekebalan kronis (seperti pasien kanker yang menerima kemoterapi, pasien HIV, dan pasien diabetes) berisiko lebih tinggi terkena endokarditis.

Baca Juga: Dylan Sada Nggak Cuma Dikenang Sebagai Model, Ia Juga Pengisi Suara Iklan Legendaris Ini6. Jari yang lebih lebarHal ini bisa menunjukkan kita menderita kanker paru-paru, penyakit jantung, infeksi paru-paru kronis, hingga penyakit usus.Kanker paru-paru dan penyakit jantung menurunkan resistensi pembuluh darah, yang berarti aliran darah ke arteri kecil di kuku dan ujung jari akan meningkat.Jaringan membengkak dan menghasilkan penampilan jari tangan dan jari kaki yang lebih lebar.

7. Kuku kaki beraduBisa jadi, psoriasis. Kalau kita menemukan lubang kecil, lekukan, atau tonjolan di kuku kaki, bisa jadi ini menunjukkan kita menderita psoriasis kaki.Meskipun kebanyakan orang yang mengalami psoriasis kuku juga memiliki psoriasis kulit (penyakit autoimun yang membuat kulit mati rasa dan teriritasi), lima orang dengan psoriasis kuku nggak terpengaruh di tempat lain.Gejala lain termasuk bercak putih dan garis horisontal di kuku. Untuk mengobati psoriasis, dokter mungkin meresepkan krim topikal atau steroid untuk disuntikkan di bawah kuku.8. Kuku sendokBisa jadi, anemia atau lupus. Kita terasa mengalami depresi di kuku kaki yang cukup dalam untuk menahan tetesan air.Kuku jari kaki berbentuk sendok juga bisa menunjukkan kekurangan zat besi, serta hemochromatosis (kelebihan produksi zat besi), penyakit Raynaud (yang mempengaruhi pasokan darah ke jari tangan dan kaki), dan kadang-kadang lupus (penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ).Kuku sendok kadang-kadang muncul pada bayi, tetapi normal dalam beberapa tahun pertama kehidupan.

Baca Juga: WFH Bikin Mager, Ini 5 Tips Ampuh Untuk Atasi Rasa Malas di Rumah9. Garis lurus di bawah kuku kaki

Ilustrasi garis di kuku kaki
The Mighty

Ilustrasi garis di kuku kaki

Bisa menunjukkan kanker kulit. Garis gelap dan vertikal di bawah kuku bisa berupa melanoma acral lentiginous, atau melanoma tersembunyi, suatu bentuk kanker kulit yang muncul pada bagian tubuh yang nggak jelas.Terdapat garis hitam dari pangkal kuku ke ujung kuku. Ini harus dilihat oleh ahli penyakit kaki atau dokter kulit, untuk memastikan bahwa itu bukan jamur, yang biasanya berwarna kuning kecokelatan dan sporadis di seluruh kuku.

10. Lengkungan yang tiba-tiba tinggiHal ini bisa menandakan adanya kerusakan saraf. Sebagian besar kaki melengkung dikaitkan dengan beberapa bentuk kondisi neuromuskuler yang mendasarinya.Jika seseorang mengalami penipisan otot-otot lengkung di kaki, itu bisa menjadi indikasi kondisi neurologis yang disebut Charcot-Marie-Tooth (CMT).Kelainan bawaan yang merusak saraf perifer (yang di luar otak dan kabel tulang belakang) CMT juga bisa menyebabkan perubahan dalam gaya berjalan, mati rasa di kaki, kesulitan menyeimbangkan, kehilangan otot di bagian bawah dan kemudian, gejala yang sama di lengan dan tangan.Nah, itu tadi beberapa tanda di kaki yang menunjukkan kita menderita penyakit serius. Kalau kita merasakannya jangan dianggap sepele dan segera periksakan ke dokter, ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Bisa Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya, Jangan Abaikan 10 Tanda yang Muncul di Kakimu"

Source : bobo

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest