Follow Us

Ini Dapua Mande, Rendang Pariaman yang Terinspirasi Oleh Pandemi Corona

Alvin Bahar - Jumat, 30 Oktober 2020 | 03:18
Rendang Pariaman dari Ini Dapua Mande
instagram.com/inidapuamande/

Rendang Pariaman dari Ini Dapua Mande

HAI-ONLINE.COM - Rendang memang bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru kota besar. Banyaknya restoran atau rumah makan yang menyajikan santapan khas Sumatera Barat ini, bikin kita familiar sama rasanya.Padahal, rendang itu ada berbagai varian. Sejumlah daerah di Sumatera Barat punya resep rendang khasnya tersendiri.Mengenalkan rendang khas Pariaman adalah misi awal Ini Dapua Mande, sebuah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dari Ilham Afandi, pemuda asli Pariaman yang kini tinggal di Jakarta.Rendang dari Ini Dapua Mande dibuat langsung di Pariaman, dimasak oleh tangan asli sana, yakni sang mama. Makanya, Ilham menerapkan sistem pre-order secara online."Konsep awal sih pengen bikin rendang otentik Pariaman dijual dalam bentuk kemasan dan dijual secara online. Karena proses pembuatannya langsung dari Pariaman, jadi biasanya pre order dulu," katanya.Cowok yang sebelumnya pernah gagal berwirausaha ini telah mendirikan Ini Dapua Mande sejak Mei 2020. Awalnya, cuma terinspirasi sama pandemi corona dan temannya yang jualan dimsum online.

Baca Juga: Menilik Donat Bomboloni dengan Sentuhan Jakarta ala SURI Patisserie"Nah abis itu gue pengen nyoba, tapi pengen makanan yang bisa tahan lama gitu, karena pandemi kan ya jadi orang pada banyak kerja dari rumah. Gue mikir, orang jarang buat pergi keluar, nah orang beli lauk sering pesan lewat online, muncullah ide buat ngejualin rendang bikinan nyokap secara online," ceritanya.

Ilham, yang masih bekerja menjadi seorang karyawan di Jakarta, mengaku lumayan keteteran mengurus pekerjaan dan usaha.Namun, bisa dibilang usahanya nggak sia-sia. Meski hanya buka dua kali pre-order per bulan, ia bisa menjual hingga puluhan KG rendang.Bedanya rendang Pariaman dengan yang lain jadi salah satu faktor banyak yang tertarik Ini Dapua Mande. Nggak jarang pelanggan penasaran sama konsep dan penjelasan rendang Pariaman yang dijelaskan Ilham di Instagram."Rendang Ini Dapua Mande dibuat dengan proses yang masih tradisional, masih mengguankan kayu bakar, jadi citarasanya masih sangat kuat," ucap Ilham.TMau nyobain rendang Pariaman ala Ini Dapua Mande? Rendangnya tersedia dalam dua ukuran, 250 gram (Rp75.000) dan 500 gra (Rp140.000).Pemesanan bisa lewat Whatsapp (081932562020) dan Line @inidapuamande. Follow juga Instagram @inidapuamande.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest