Follow Us

Sering Lewatin Jam Makan? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan Pas Ngerasain Asam Lambung yang Kumat

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 04 Oktober 2020 | 17:01
ilustrasi asam lambung
kompas.com

ilustrasi asam lambung

HAI-Online.com - Penyakit asam lambung atau dikenal juga dengan gastroesophageal reflux disease ( GERD) adalah penyakit yang ditimbulkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Gangguan kesehatan ini patut diwaspadai karena bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada orang dewasa, padatnya aktivitas seharian sering kali bikin mereka melewatkan waktu makan.

Baca Juga: Per Hari Ini Restoran di Depok Cuman Boleh Layani Makan di Tempat Sampai SorePola makan pun jadi nggak teratur.

Sementara, ketika ada kesempatan untuk makan, porsi makanan yang diambil dan dikonsumsi biasanya langsung dalam jumlah banyak.

Nggak cuman itu, terkadang, akibat terlalu lelah beraktivitas seharian, sehabis makan malam banyak orang milih langsung tidur.

Kalo dilakukan berulang dalam waktu lama, pola makan yang kurang baik ini dapat menyebabkan penyakit asam lambung atau GERD.

Di antara kerongkongan dan lambung sebenarnya terdapat klep yang dapat mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Tapi, karena suatu kondisi, dapat terjadi gangguan pada fungsi klep yang menyebabkan asam lambung menjadi naik ke kerongkongan.

Merangkum Mayo Clinic, selain penerapan pola makan yang kurang baik, beberapa hal berikut juga dapat memperburuk dan meningkatkan risiko GERD:

Baca Juga: Wave of Cinema Episode 3 Bawa Penonton Nostalgia ke Era 90an.-Merokok (meningkatkan asam lambung dan mengganggu fungsi klep antara kerongkongan dengan lambung)

-Konsumsi kafein dan makanan berlemak secara berlebihan

-Konsumsi alkohol

Halaman Selanjutnya

-Obesitas
1 2 3 4

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest