Follow Us

Selain Odading Mang Oleh, Ini Dia 3 Roti Goreng Fenomenal di Bandung

Annisa Putri Salsabila - Kamis, 17 September 2020 | 19:14
Ilustrasi roti goreng
kompas.com

Ilustrasi roti goreng

HAI-Online.com - Odading adalah roti goreng Bandung terbuat dari tepung protein tinggi dan ragi, berbentuk persegi dan tanpa taburan.

Roti ini kemudian jadi viral karena salah satu warga Bandung bernama Ade Londok ngepromosiin dagangan Mang Sholeh (Oleh) dengan cara yang nggak biasa dan ngundang netizen untuk menonton videonya.

Efek dari video viral odading, kedai Mang Sholeh ramai pembeli dan antre untuk dilayani oleh lima orang anak Mang Oleh di belakang gerobaknya di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Rame Diserbu Pembeli, Odading Mang Oleh Disamperin Ridwan Kamil, Mang Ade Dapet Hape Baru

Selain odading, terdapat beberapa jenis roti goreng lain di Bandung. Dapat ditemukan cukup mudah di penjual street food.

Pastry cook The Jayakarta Suite Bandung Lucky Nugraha menjelaskan ada beberapa jajanan Bandung yang dibuat dengan menggunakan adonan roti.

Mulai cakwe sampai peyeum ball, berikut roti goreng yang bisa kamu temukan di Bandung:

1. Cakue

"Kalau dilihat dari jenis adonannya yang menyerupai adonan roti, selain odading ada cakwe," papar Chef Lucky Nugraha kepada Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Cakue atau cakwe merupakan roti goreng berbentuk lonjong dan panjang. Rasanya gurih dan punya tekstur garing di luar tapi empuk di dalam.

Selain itu, teksturnya nggak padat dan punya rongga udara di dalamnya. Cakue biasa dimakan dengan saus sambal.

Halaman Selanjutnya

2. Gandasturi
1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest