Follow Us

Jakob Oetama dan PK Ojong, Dua Sosok Penting Dalam Sejarah di Balik Lahirnya Kompas

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 09 September 2020 | 14:18
Begini foto lawas PK Ojong dan Jakob Oetama
kompas

Begini foto lawas PK Ojong dan Jakob Oetama

HAI-Online.com - Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama meninggal dunia pada hari ini, Rabu (9/9/20) di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sebagai sebuah refleksi atas nilai yang udah diwariskan Jakob Oetama, redaksi Kompas.com menyajikan rangkaian tulisan mengenai perjalanan hidup Jakob Oetama.

Baca Juga: Breaking News: Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Meninggal Dunia

Tulisan nggak cuman merangkum perjalanan hidupnya dalam membesarkan Kompas Gramedia yang didirikannya. Namun, tulisan juga merangkun warna kehidupannya sebagai seorang pendidik, seorang wartawan, dan seorang pengusaha.

Meski begitu, peran terakhirnya selalu dijalani dengan kerendahan hati. Sebab, seorang Jakob Oetama lebih senang dan bangga disebut wartawan, ketimbang pengusaha.

Berawal dari Intisari

Eratnya persahabatan Jakob Oetama dengan Petrus Kanisius Ojong bisa jadi berawal dari kesamaan pandangan politik dan nilai kemanusiaan yang dianut. Hal itu juga yang menjadikan Jakob dan Ojong melahirkan majalah Intisari, yang edisi perdananya terbit pada 17 Agustus 1963.

Duet Jakob dan Ojong sepakat untuk melahirkan majalah berlandaskan kemanusiaan, yang berisi saripati ilmu pengetahuan dan teknologi dunia.

Selain itu, Intisari dibuat sebagai pandangan politik keduanya yang menolak belenggu terhadap masuknya informasi dari luar.

Intisari dimaksudkan untuk menjadi pendobrak politik isolasi yang dilakukan pemerintahan Soekarno saat itu. Namun, bukan dengan tulisan yang menyerang, melainkan "tedeng aling-aling".

Ojong dan Jakob merasa perlu hadirnya media yang memuat artikel yang membuka mata dan telinga masyarakat.

Sebuah media yang kaya dengan gaya human story, penuh nilai kemanusiaan. Namun, kehadiran Intisari tampaknya belum cukup.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular