Follow Us

Baru Beredar Dua Hari, Uang Rp75 Ribu Diserbu, Kini Ada yang Jual Jutaan di Toko Online

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 19 Agustus 2020 | 15:52
Uang 75 Ribu yang dijual belikan di market place shopee
shopee.com

Uang 75 Ribu yang dijual belikan di market place shopee

HAI-Online.com - Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang kertas khusus dalam pecahan Rp 75.000 untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Uang ini dicetak terbatas dan hanya ada 75 juta lembar.

Meski baru bisa dipesan pada Senin, (17/8/2020), uang itu sudah dijual oleh akun beberapa penjual di platform marketplace Bukalapak dan Shopee. Para penjual menawarkan uang itu dengan harga mencapai jutaan.

Senior Corporate Communications Manager Bukalapak, Gicha Graciella, buka suara terkait hal ini

Dia mengatakan Bukalapak mendukung dan melaksanakan arahan dari Bank Indonesia (BI) yang melarang penjualan uang edisi tersebut di marketplace.

Baca Juga: Awalnya Dirahasiakan, Namun Wajah Anak Indonesia di Uang 75 Ribu Dibocorkan Pihak Bank

"Hal ini juga telah kami koordinasikan secara internal. Kami telah melakukan proses monitoring dan seleksi yang ketat terhadap produk ini. Bila kedapatan ada pelapak yang meng-upload, kami segera turunkan produk tersebut dari marketplace kami," kata Gicha, Rabu (19/8), dikutip dari Kontan.

Ia mengatakan kalo sebagai sebuah platform marketplace, pelapak berhak mengunggah dan menentukan harga produk, serta strategi penjualan masing - masing di marketplace,

Namun, hal tersebut harus disesuaikan dengan syarat dan ketentuan serta mengacu pada peraturan pemerintah dan hukum yang berlaku.

Salah satu akun penjual di Bukalapak sempat menawarkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun dengan harga Rp50 juta.

"Dan setiap bentuk pelanggaran akan kami tindak lanjuti," kata Gicha.

Sebelumnya, salah satu akun di Bukalapak emang menjual uang peringatan kemerdekaan 75 tahun dengan harga mencapai Rp50 juta. Namun, pada Selasa (18/8/2020), unggahan penjualan itu sudah nggak ditemukan lagi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest