Follow Us

Kata Gen Z Soal Pandemi Corona: Bikin Stres Tapi Tetap Optimis

Alvin Bahar - Rabu, 12 Agustus 2020 | 08:00
Ilustrasi pandemi corona.
Pixabay

Ilustrasi pandemi corona.

HAI-ONLINE.COM - Anak muda yang sering digambarkan aktif, suka traveling, multi tasking, terpaksa harus ganti "wajah" baru. Ya mau gimana lagi, pandemi corona memang bikin segala hal berubah, termasuk aktivitas anak muda.Tapi seberapa besar dampak pandemi corona terhadap anak muda, terutama gen Z?Pandemi corona adalah hal historikal pertama yang dirasakan gen z, dan akan mempengaruhi cara mereka hidup ke depannya. Jason Dorsey, seorang gen z expert, berkata efek pandemi akan mempengaruhi pilihan hidup gen z: dari di mana ia akan tinggal, di mana ia akan bekerja, hingga mobil apa yang dibeli.

"Pesta kelulusan dibatalkan, dan tahun ini adalah tahun terakhir mereka berprestasi dalam bidang akademi dan olahraga. Namun bukan cuma kelulusan yang mereka takutkan, tetapi juga kehidupan setelahnya," tulis Jason.

Baca Juga: Kisah Sneakers KW Indonesia 'Vans Off The Top' yang Digugat Sama 'Vans Off The Wall', Kalah Telak Hingga Denda Jutaan Rupiah!Bahkan buat gen Z yang udah masuk dunia kerja, diprediksi masa depan mereka nggak begitu baik karena hasil riset Resolution Foundation memperlihatkan anak muda punya peluang besar untuk kena layoff, prospek karier buruk, hingga bayaran nggak setimpal.

Tetap optimisGimana caranya buat gen z survive?

Dalam survei Deloitte yang melibatkan 9,102 gen z dan millenial di 13 negara yang disebar antara April dan Mei 2020, 3/4 responden meyakini pandemi membuat mereka lebih simpati kepada orang lain, dan mengaku berani melakukan hal yang bisa membuat dampak positif di komunitas.Salah satu contohnya, lo ngerasa nggak beberapa bulan belakangan kita lebih suportif ke orang lain, seperti membeli produk dagangan mereka saat pandemi ini, misalnya?Dari sisi lingkungan, setengahnya juga percaya bumi bisa menjadi lebih baik setelah melihat perubahan karena aktivitas ekonomi dan penggunaan energi menurun.Walau setengahnya mengakui pandemi bikin mereka stres, tapi terlihat mayoritas dari responden percaya kehidupan akan lebih baik.

Bagaimana dengan lo? Apakah lo percaya masa depan masih cerah?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest