Follow Us

Logo Tombol Power Nggak Sembarangan Dibuat, Ini Asal Usul dan Maknanya

Alvin Bahar - Rabu, 12 Agustus 2020 | 10:00
Tombol power memiliki beberapa fungsi.
Cirana Merisa/Bobo.id

Tombol power memiliki beberapa fungsi.

HAI-ONLINE.COM - Kalau kamu perhatikan tombol power di setiap alat elektronik pasti berbentuk lingkaran dengan garis vertikal di dalamnya.

Kira-kira siapa ya yang menciptakan simbol itu?

Sistem Bilangan Biner

Kamu tahu sistem bilangan biner? Sistem bilangan biner adalah sistem penulisan angka dengan hanya menggunakan dua simbol, yaitu 0 dan 1.

Biasanya angka biner ini digunakan untuk membuat kode pada alat digital sehingga alat-alat elektronik bisa berjalan secara otomatis.

Baca Juga: Kisah Sneakers KW Indonesia 'Vans Off The Top' yang Digugat Sama 'Vans Off The Wall', Kalah Telak Hingga Denda Jutaan Rupiah!

Tombol Power

Pada waktu Perang Dunia II, para insinyur yang membuat mesin menggunakan sistem biner itu untuk memberi label pada tombol power.

Dalam sistem biner, angka 1 berarti hidup dan angka 0 berarti mati.

Saat itu, para insinyur memberikan label angka 1 pada tombol untuk menghidupkan mesin dan label angka 0 pada tombol untuk mematikan mesin.

Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, tombol untuk menghidupkan dan mematikan mesin dijadikan satu sehingga orang-orang hanya perlu menekan satu tombol yang sama untuk menghidupkan dan mematikan mesin.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest