Follow Us

Viral Video Beatbox Seorang Biksu Bikin Panduan Teks Ajaran Budha

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 09 Agustus 2020 | 14:10
Yogetsu Akasaka, seorang musisi Jepang sekaligus biksu Buddha yang berdakwah melalui musik
youtube.com

Yogetsu Akasaka, seorang musisi Jepang sekaligus biksu Buddha yang berdakwah melalui musik

HAI-online.com - Seorang musisi asal Jepang sekaligus biksu Buddha, Akasaka Yogetsu jadi viral setelah memadukan nyanyian religius dengan beatboxing.

Untuk melantunkan teks dari ajaran Buddha 'Sutra Hati', dia memadukannya dengan beatbox dan remix seperti disjoki (DJ).

Videonya viral di YouTube dan telah ditonton lebih dari setengah juta kali sejak diunggah pada Mei lalu.

Baca Juga: HUT Kemerdekaan RI Selama Pandemi, Lomba Panjat Pinang Dilarang Digelar di DKI

Di dalam videonya, pria berusia 37 tahun itu memakai jubah formal yang biasa digunakan para biksu Buddha.Video berdurasi sekitar 11 menit ini direkam di studio, menampilkan suara Akasaka melalui perangkat beatbox yang disebut Loopstation dan dia pun melantunkan syair religius beriringan dengan musik yang mengalir.

Baca Juga: Menyangkut Hajat Hidup Orang Banyak, Video Wawancara Anji dan Hadi Pranoto Resmi Dihapus YouTube

Gagasan itu dikatakan Akasaka datang kepadanya selama keadaan darurat yang diberlakukan di Jepang selama wabah virus corona.

Selama itulah pekerjaannya sebagai musisi sekaligus biksu yang mengurusi pemakaman dan upacara peringatan menjadi jarang dilakukan karena berkurang secara drastis.

"Semuanya dibatalkan. Jadi saya tidak punya pekerjaan, saya tidak punya penghasilan. Dan bagi saya, itu benar-benar menyebalkan, tetapi pada saat yang sama, saya pikir ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk memikirkan diri sendiri atau memikirkan tentang masa depan agama Buddha," katanya kepada media Perancis AFP.

"Saya mencoba menemukan cara saya sendiri untuk menyampaikan ajaran Buddha kepada orang-orang, tidak hanya di Jepang tetapi juga di seluruh dunia."Mengubah Pandangan

Akasaka telah lama tertarik pada musik dan agama. Dia mulai melakukan beatboxing sekitar 15 tahun yang lalu, membeli mesin looping pada 2009 untuk membantunya membuat lapisan-lapisan suara.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest