Follow Us

Bangga! 16 Film Pendek Karya Anak Bangsa Bakal Ditayangkan di 16 Negara

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 24 Juli 2020 | 11:09
Viu short! Season 2 bakal menayangkan 16 film pendek yang mengisahkan budaya dan kearifan lokal 16 kota di Indonesia. Menariknya film karya sineas tanah air ini bakal ditayangkan di 16 negara
youtube.com

Viu short! Season 2 bakal menayangkan 16 film pendek yang mengisahkan budaya dan kearifan lokal 16 kota di Indonesia. Menariknya film karya sineas tanah air ini bakal ditayangkan di 16 negara

Hai-Online.com - Kabar gembira datang dari industri perfilman Tanah Air. Pasalnya, 16 film pendek karya anak bangsa segera ditayangkan dan disaksikan penonton dari 16 negara sekaligus.

16 film pendek yang mengangkat budaya dan keunikan sejumlah wilayah di Indonesia tersebut, bakal tayang di Viu.

Sebagai pembuka, bertepatan dengan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2020, film pendek asal Klungkung, Mamargi Antar karya Ni Putu Mulyani sudah bisa disaksikan di Viu.

Baca Juga: Berawal dari Ciuman Malam Tahun Baru, Kulit Cewek Ini Kena Psoriasis yang Gak Bisa Disembuhkan

Selain itu, ada juga film karya Suryo Seno Bimantoro, Kalang Obong telah tayang di Viu, pada Kamis (23/7/2020) kemaren.Dalam tujuh hari ke depan, Viu bakal rilis 14 film pendek dari berbagai kota lainnya dan disiarkan secara langsung melalui program Viu Short! seasons 2.

14 kota itu yaitu Majalengka, Atambua, Cilacap, Tangerang, Jakarta Selatan, Mataram, Magelang, Kulon Progo, Surakarta, Salatiga, Batu, Dairi, Sangatta, dan Palu.

Sementara itu, 16 negara termasuk Indonesia yang bisa menyaksikannya antara lain Hongkong, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Myanmar, Bahrain, Mesir, Yordania, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat, dan Afrika Selatan.

Deputi Bidang Ekonomi Digital Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf), Josua Puji Mulia Simandjuntak mengatakan, dari 16 film tersebut bakal dipilih salah satu yang terbaik.

"Terus kalau sudah menjadi siswa terbaik, ini akan menerima beasiswa untuk belajar di Institut Kesenian Jakarta hingga lulus," kata Joshua saat siaran langsung dalam kanal YouTube Viu Indonesia, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga: Anak Kucing Ini Sering Nyuri Uang di Bar, Udah Kepergok CCTV Tetep Nggak KapokSebagai perwakilan dari Kemenparekraf, Joshua terus mendukung karya-karya anak bangsa agar bisa dilihat di mata dunia.

"Juga untuk yang tidak terpilih pun juga masih banyak sekali program-program yang nanti bisa mengakomodir dan mengembangkan karier teman-teman yang ingin memperdalam karier di dalam bidang film," kata Joshua.Diketahui, pada program Viu Short! seasons 1, Viu berhasil mengantarkan film pendek Miu Mai dari Maumere, menerima penghargaan Best Short Form Content dalam ajang Asian Academy Creative Awards 2019.

Bukan amatir, film-film yang diikutsertakan dalam Asian Academy Creative Awards 2019 dihasilkan oleh para sineas profesional yang berasal dari Jepang, Korea, Taiwan dan negara lain.

Selain menenangkan penghargaan, film pendek Miu Mai juga ditayangkan dalam Cannes Film Festival 2019, di Perancis. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "16 Film Pendek Karya Anak Bangsa Segera Ditayangkan di 16 Negara"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest