Follow Us

Bisa Menyebar Melalui Udara, Kenali Cara Aman Naik Ojek Online Selama Pandemi

Bayu Galih Permana - Senin, 13 Juli 2020 | 18:00
Ilustrasi ojek online.
KOMPAS.COM/RAJA UMAR

Ilustrasi ojek online.

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini telah memberikan konfirmasinya bahwa virus corona dapat menyebar melalui udara.

Berkaca pada pernyataan tersebut, Chairman Junior Doctors Network Indonesia, Dr Andi Khomeini mengatakan bahwa ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di era new normal, khususnya ketika menaiki ojek online.

Dalam konferensi virtual di YouTube BNPB Indonesia belum lama ini, pria yang kerap disapa Koko ini meminta warga untuk memakai masker dan menggunakan helm sendiri guna mengurangi risiko terkena paparan virus di jalan.

“Supaya aman, sebaiknya masyarakat membawa helm sendiri. Helm yang digunakan itu pun harus yang memiliki kaca penutup,” ujar Koko.

Baca Juga: Biar Aman, Langkah-langkah Ini Musti Diterapkan Ketika Terima Paket Saat Pandemi

Lebih lanjut, masyarakat juga diminta untuk melakukan pembayaran memakai uang elektronik guna mengurangi kontak dengan pengendara.

Apabila terpaksa memakai uang tunai, segera cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, atau memakai hand sanitizer agar tangan bersih kembali.

"Jadi kuncinya menerapkan protokol kesehatan. Kalau kita sudah menerapkan hal itu, maka naik ojek online sih oke saja,” tutup Koko.

Sekarang udah tahu kan sob? Maka dari itu, jangan lupa buat nerapin saran-saran di atas ya supaya terhindar dari virus corona. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest