Follow Us

Biar Aman, Langkah-langkah Ini Musti Diterapkan Ketika Terima Paket Saat Pandemi

Bayu Galih Permana - Senin, 13 Juli 2020 | 11:45
Ilustrasi paket
Pixabay

Ilustrasi paket

HAI-Online.com - Baru-baru ini, Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Resa Broto Asmoro memberikan panduan soal cara penerimaan paket yang aman saat pandemi virus corona masih berlangsung.

Dalam sebuah tayangan yang disiarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Minggu (12/7) ini, panduan tersebut harus diterapkan untuk memastikan paket tetap bersih dan aman dari virus.

"Meski mengurangi mobilitas keluar rumah akan berdampak positif, kita tetap harus memastikan barang-barang yang kita terima terjaga kebersihannya," ujar Reisa.

Langkah pertama, penerima disarankan untuk menyiapkan tempat khusus di depan rumah untuk paket-paket yang baru datang sehingga nggak perlu bertatap muka dengan kurir.

Baca Juga: Batik Disebut Kerajinan Tradisional China, Netizen Tanah Air Ngamuk

Selanjutnya, bersihkan paket tersebut dengan menyemprot cairan desinfektan secara menyeluruh, sebelum kemudian dikeluarkan dari bungkusnya.

Untuk paket yang berisi bahan makanan, diminta untuk nggak membersihkannya dengan cairan kimia berbahaya, cukup memakai air mengalir.

"Cukup cuci dan bersihkan dengan air mengalir. Boleh menggunakan sabun dengan syarat sabun khusus sayur dan buah atau food grade," terangnya lebih lanjut.

Jika paket berupa makanan, disarankan untuk memasaknya hingga matang atau panaskan ulang dengan suhu minimal 65 derajat celcius selama 3 menit.

Baca Juga: Spektakuler! Rayakan 1 Miliar Views Di YouTube, 266 Musisi Lintas Negara Cover Linkin Park 'In The End'

Setelah selesai, jangan lupa cuci tangan pakai sabun dan air mengalir supaya virus yang masih menempel hilang tak tersisa.

"Cukup cuci dan bersihkan dengan air mengalir. Boleh menggunakan sabun dengan syarat sabun khusus sayur dan buah atau food grade," tutup Reisa.

Tuh, dengerin sob! Jadi, jangan lupa buat nerapin langkah-langkah di atas ya supaya mengurangi risiko terinfeksi virus corona. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest