Follow Us

Singapura Kembangkan Alat yang Bisa Hasilkan Energi dari Bayangan

Bayu Galih Permana - Senin, 13 Juli 2020 | 13:30
Shadow-Effect Generator (SEG) yang tengah dikembangkan oleh ilmuwan Singapura.
YouTube/Rajamanickam Antonimuthu

Shadow-Effect Generator (SEG) yang tengah dikembangkan oleh ilmuwan Singapura.

HAI-Online.com - Negara tetangga kita, Singapura nggak henti-hentinya melakukan inovasi keren di bidang teknologi, seperti yang dilakukan oleh para ilmuwan mereka baru-baru ini.

Melansir dari World of Buzz, kelompok ilmuwan yang berasal dari National University of Singapura saat ini tengah dalam tahap pengembangan sebuah alat yang bisa mengkonversi bayangan menjadi energi.

Dinamai Shadow-Effect Generator (SEG), prinsip kerja dari alat ini seperti pembangkit listrik tenaga surya, tapi dengan memanfaatkan bayangan.

Pemimpin tim peneliti NUS, Dr. Swee Ching Tan mengaku, SEG nantinya akan sangat berguna pada tempat-tempat yang selama ini terhalang atau susah mendapat paparan sinar matahari.

Baca Juga: Suka Pamer Kemewahan, Kejahatan Selebgram Ini Terbongkar karena Postingannya Sendiri

"Alat ini sangatlah berguna. Generator ini bisa ditempatkan di area yang terhalang cahaya," ujar Tan menjelaskan soal alat ciptaannya.

Lebih lanjut, Tan mengatakan bahwa lingkungan yang ideal untuk pemasangan alat ini adalah kota-kota dengan gedung pencakar langit tinggi karena intensitas cahayanya terus mengalami perubahan sepanjang hari.

"Perangkat ini berguna di tempat-tempat seperti kota-kota berpenduduk sangat padat dengan gedung pencakar langit ada di mana-mana," terangnya menambahkan.

Baca Juga: Postingan Terakhir Naya Rivera Dianggap Merujuk Lagu Eminem Tentang Ibu Yang Tewas di Danau

Meski masih dalam tahap awal, penelitian ini nampaknya akan berjalan dengan sukses sehingga bayangan pun nantinya bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Widih, keren ya sob! Gimana nih para ilmuwan yang ada di Indonesia, jangan mau kalah ya buat bikin inovasi-inovasi keren serupa. (*)

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest