Follow Us

Beredar Video Larangan Berkumur Setelah Sikat Gigi, Ini Kata Dokter

Annisa Putri Salsabila - Senin, 15 Juni 2020 | 21:00
Tangkapan layar video untuk tidak melakukan kumur setelah sikat gigi
twitter.com

Tangkapan layar video untuk tidak melakukan kumur setelah sikat gigi

Hai-Online.com- Sebuah video TikTok yang berisi soal informasi kalo berkumur setelah sikat gigi bukan langkah yang bener, beredar di media sosial Twitter.

Dalam video tersebut, dinarasikan langkah-langkah menggosok gigi yang sering dilakukan selama ini beserta klaim kalo sehabis sikat gigi nggak dianjurin untuk berkumur.

"Gunakan pasta gigi hanya sebesar kacang kedelai untuk dewasa. Menyikat gigi. Setelah sikat gigi, kalian pasti langsung kumur kan?? Ternyata itu salah!! Yang benar itu...Tidak boleh kumur!! Diludahin aja pasta giginya, lalu, bilas bibir menggunakan air," demikian teks yang terlihat pada video yang beredar.

Baca Juga: Kelewat Putih, Foto Tangan Pucat Kayak Vampir Ini Disebut Edward Cullen dengan Kearifan LokalVideo tersebut salah satunya diunggah di media sosial Twitter oleh akun @profatitties pada 11 Juni 2020. Hingga Senin (15/6/2020) pukul 08.00 WIB, unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak lebih dari 6.000 kali.

Berbagai respons pun disampaikan sama warganet dalam balasan terhadap unggahan ini:

"Hah? Terus ditelen aja sisa pasta giginya?!" tulis akun @rehuellahangela. "Ga juga sih. Tapi emang abis sikat gigi jangan langsung dikumur, didiemin dulu di dalem mulut beberapa saat baru kumur", tulis akun @parlinurtani.Benarkah narasi yang disampaikan dalam video tersebut? Penjelasan dokter gigi memang lebih baik untuk nggak kumur setelah sikat gigi. Apa alasannya?

"Jadi sebetulnya, kenapa lebih baik untuk tidak berkumur setelah sikat gigi adalah agar fluoride yang terkandung di pasta gigi lebih menempel di gigi dan tidak ikut terbuang," kata dokter Sabai, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Apa manfaat fluoride bagi gigi? Melansir mouthhealthy.org, fluoride bisa jadi "pahlawan" bagi gigi. Ketika air liur mengandung fluoride dari sumber-sumber seperti pasta gigi atau air, gigi dapat menyerapnya.

Nah, ketika fluoride masuk ke enamel atau lapisan email gigi, fluoride bakal bekerja sama dengan kalsium dan fosfat untuk menciptakan sistem pertahanan paling kuat yang harus dimiliki gigi untuk mencegah gigi berlubang.

Enamel atau email gigi adalah penutup luar gigi Anda. Jangan tertelan dalam jumlah banyak Namun, perlu diingat, jika kandungan fluoride tertelan dalam jumlah banyak, dapat membahayakan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest