Follow Us

Kesulitan Pencet Nomor, Astronot Ini Nggak Sengaja Telepon 911 Saat di Luar Angkasa. Ternyata Nyambung!

Bayu Galih Permana - Sabtu, 13 Juni 2020 | 18:00
Andre Kuipers
Wikimedia/NASA

Andre Kuipers

HAI-Online.com - Beberapa waktu lalu, seorang astronot asal Belanda, Andre Kuipers menceritakan kejadian lucu yang pernah dialami selama bertugas di luar angkasa.

Dilansir dari Newsweek, Kuipers diketahui pernah secara nggak sengaja menelepon panggilan darurat 911 ketika dirinya tengah berada di luar angkasa.

Kuipers bercerita, kejadian ini bermula saat di berusaha untuk berkomunikasi dengan John Space Center Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Houston.

Kala itu, astronot berusia 60 tahun ini harus menekan angka 9 untuk panggilan dari luar angkasa, diikuti 011 yang merupakan panggilan internasional.

Baca Juga: Peneliti Kaget Ketika Bongkar Jenazah Korban Virus Corona, Ternyata Organ Dalam Ini yang Dirusak Covid-19

Merasa kesulitan karena harus menekan nomor tersebut dalam kedaan terapung-apung, Kuipers melakukan kesalahan dan malah memencet angka 911.

"Aku membuat kesalahan. Keesokan harinya, aku menerima surel yang menanyaiku 'kamu telepon 911'," cerita Kuipers.

Lho, di luar angkasa emang bisa telepon? Bisa sob, pria yang udah menyelesaikan dua misi luar angkasa dengan total durasi 203 hari tersebut menjelaskan, astronot di stasiun luar angkasa bisa menelepon dengan memakai bantuan satelit.

Andre Kuipers
Stephane Corvaja/ESA via Insider

Andre Kuipers

Telepon tersebut biasanya digunakan para astronot untuk menghubungi sanak saudara mereka yang tengah berada di Bumi.

Baca Juga: Viral Rombongan Pesepeda Berkendara dalam Kafe di Semarang, Pelaku Minta Maaf

Namun, jeda lama yang muncul ketika mereka berkomunikasi seringkali membuat keluarga para astronot tersebut langsung menutup telepon karena nggak telepon tersebut berasal dari orang-orang iseng.

"Maka dari itu, aku biasanya langsung berbicara segera setelah terdengar nada sambung untuk menyiasatinya," tutup Kuipers. (*)

Source : newsweek

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest