Follow Us

Bukan Selalu Daki, Leher Hitam Ternyata Jadi Pertanda Penyakit

Bayu Galih Permana - Senin, 08 Juni 2020 | 19:15
Acanthosis Nigricans
via ResearchGate

Acanthosis Nigricans

HAI-Online.com - Selama ini, leher hitam seringkali identik dengan orang-orang yang jorok karena mandi mereka nggak bersih, padahal nggak selalu begitu lho sob.

Seperti dilansir HAI dari Intisari-Online, penggelapan kulit pada bagian leher atau dikenal dengan acanthosis nigricans berkaitan dengan kadar insulin yang ada dalam tubuh seseorang.

Dengan kata lain, jika leher menghitam dan menunjukkan seperti adanya kotoran yang menebal, besar kemungkinan kadar gula dalam tubuh terbilang tinggi atau rentan mengalami diabetes.

Bahkan, anak-anak yang mengalami acanthrosis nigricans berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 apabila kondisi tersebut nggak segera mendapatkan penanganan.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku yang Beri Makan Gajah Nanas Berisi Petasan

Nggak cuma diabetes aja, leher hitam sendiri juga kerap dikaitkan dengan sindrom cushing, yang terjadi karena tingginya hormon kortisol di dalam tubuh akibat penggunaan obat kortikosteroid secara berlebihan.

Selain leher yang menghitam, sindrom cushing sendiri biasanya juga dibarengi dengan sejumlah gejala seperti berat badan yang bertambah secara signifikan, tekanan darah selalu tinggi, hingga mudah lelah.

Leher hitam jadi pertanda adanya penyakit berbahaya dalam tubuh.
FactDr

Leher hitam jadi pertanda adanya penyakit berbahaya dalam tubuh.

Terlepas dari dua penyakit tersebut, acanthosis nigricans juga menjadi pertanda bahwa seseorang tengah terkena obesitas yang bisa menjadi pemicu penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga: Diserang Ribuan Lalat, Desa Ini Berubah Jadi Seperti Tempat di Film Horor

Gimana, ngeri kan sob? Maka dari itu, mulai sekarang jaga diri kalian sebaik mungkin ya karena lebih baik mencegah kan daripada mengobati? (*)

Source : Intisari Online

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest