Follow Us

Main Game Ternyata Punya Banyak Manfaat Saat Pandemi, Bukan Cuma Ngilangin Boring!

Alvin Bahar - Kamis, 04 Juni 2020 | 07:00
Ilustrasi main game di smartphone
YouTube/ Matthews Tech

Ilustrasi main game di smartphone

HAI-ONLINE.COM - Siapa aja nih yang udah tiga bulan lebih di rumah akibat pandemi Covid-19, seneng banget main game?Selain buat menghilangkan kebosanan, main game nggak melulu membawa dampak buruk lho.Di balik sifatnya yang menghibur, game juga ternyata memiliki banyak manfaat baik dalam proses tumbuh kembang kita.

Mengutip dari Kompas.com, berikut beberapa manfaat dari game:

Baca Juga: Pemain Biola Unjuk Skill Tingkat Dewa Nge-cover Soundtrack Super Mario Bros

1. Melatih logikaSaat bermain, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan game ini.Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang dihadapi.

2. Melatih kemampuan spasialMelalui permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah.Kemampuan ini akan berpengaruh pada kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan juga akan membantu anak menggunakan motorik halusnya.

3. Stimulasi otakPara pemain bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya.Hal ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka.

4. Mengembangkan imajinasiPermainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka.Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan positif).Nah, apa ada yang suka main game bareng adiknya di rumah?Lo bisa memotivasi adik lo buat membuat game sendiri nih!Dengan begitu, adik lo nggak hanya jago dalam bermain game, namun juga belajar untuk jadi seorang kreator.Apabila tertarik, lo dapat mengikutsertakan adik lo dalam Holiday Fun Class yang diadakan oleh Bobo.Dalam kelas online yang digelar pada bulan Juni ini, tema yang diangkat Bobo adalah jadi coder cilik.

Di kelas coding nanti, para peserta akan diajarkan membuat game sederhana yang dapat dimainkan via website. Menarik bukan?Adapun persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengikuti kelas ini adalah sebagai berikut:1. Berusia 9 - 12 tahun dan harus didampingi oleh orangtua, kakak, atau orang dewasa.2. Membayar biaya pendaftaran senilai Rp 300.000 via gridstore.id/webinar3. Menyiapkan laptop Windows dan sudah mengunduh aplikasi Zoom serta aplikasi Scratch (akses unduh aplikasi Scratch akan diberikan berupa link dari Google Drive setelah melakukan pembayaran).

Sebagai informasi, kelas coding ini akan dilaksanakan selama 3 kali dan dibimbing langsung oleh kakak-kakak dari Robologee.Selain ilmu tentang membuat game, para peserta juga akan mendapatkan keuntungan lainnya, seperti modul, sertifikat digital, free mentoring, dan berlangganan emagz Bobo selama 3 bulan.Holiday Fun Class kali ini akan diadakan pada tanggal 19, 20, dan 21 Juni 2020 pada pukul 10.00 - 12.00 WIB.Untuk pendaftaran, lo dapat mengunjungi gridstore dengan ketik gridstore.id/webinar, lalu pilih kelas online editing video Bobo atau langsung ketik bit.ly/holidayfunclass02.Untuk informasi lain seputar pendaftaran, juga bisa menghubungi Aryo di 081297925323.Jangan sampai terlewatkan ya karena kuotanya terbatas!Dengan mendaftar event atau webinar ini berarti juga menyetujui Kebijakan Privasi KG Media (https://inside.kompas.com/policy)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest