Follow Us

Begini Cara Jepang Hadapi Corona Meski Abaikan Protokol Kesehatan

Dio Firdaus - Rabu, 27 Mei 2020 | 17:30
Cara Jepang #hadapicorona
Foto: AFP

Cara Jepang #hadapicorona

HAI-ONLINE.COM - Selain China, ternyata ada satu negara Asia lagi yang terbukti bisa 'mengalahkan' pandemi covid-19 dengan tenaga mereka sendiri. Negara itu adalah Jepang.

Jepang sendiri dikatakan mengabaikan protokol kesehatan yang diberlakukan di hampir seluruh negara yang terkait pandemi.

Negeri Matahari Terbit itu nggak menerapkan pembatasan pergerakan penduduk bahkan bisnis di berbagai sektor mulai dari restoran sampai salon tetap buka seperti biasa.

Mereka bahkan nggak menggunakan aplikasi canggih untuk melacak pergerakan orang-orang dan nggak memiliki pusat pengendalian penyakit.

Jepang juga hanya menguji 0,2 persen dari populasinya aja lho sob. Tapi akhirnya, dengan populasi 126 juta penduduk itu, justru mampu meratakan kurva penyebaran virus dengan 17 ribu kasus dan 826 kematian.

Bahkan di Tokyo yang merupakan kota padat, kasus infeksi bisa turun menjadi 1 digit pada beberapa hari belakangan.

Baca Juga: Anies Baswedan Berharap Anak-Anak Bisa Mengingat Pandemi Sampai Tua, Ini Tujuannya

Lantas, bagaimana cara Jepang melakukannya?

Cara Jepang #hadapicorona
Foto: Reuters / the Guardian

Cara Jepang #hadapicorona

Sebagaimana HAI lansir dari CewekBanget, Jepang mengaku kalau nggak ada solusi instan atau faktor pembeda lain dalam penanganan kasus pandemi ini.

Sebuah daftar yang dikutip dari laporan Bloomberg News, pendapat para ahli menunjukan 43 kemungkinan alasan, mulai dari budaya mengenakan masker, tingkat obesitas di Jepang yang rendah, hingga keputusan awal untuk menutup sekolah.

Source : cewek banget.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest