Follow Us

Tak Mau Hambat Kelulusan Mahasiswanya, UNS Solo Tetep Ngadain KKN Online

Annisa Putri Salsabila - Senin, 18 Mei 2020 | 19:15
Universitas Sebelas Maret Solo
quipper.com

Universitas Sebelas Maret Solo

HAI-Online.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tetap mengadakan Kuliah Kerja Nyata alias (KKN) di tengah pandemi corona. Tenang, pelaksanaan KKN kali ini, mahasiswa tetap di rumah aja karena metodenya digelar secara online.

Staf Unit Pengelola KKN M Najib Shofy menjelaskan, metode pelaksanaan KKN di masa pandemi Covid-19 dilakuin dengan cara mahasiswa melaksanakan programnya di tempat tinggal masing-masing.

Baca Juga: Kafe di Jerman Buka Lagi, Pengunjung Wajib Pake Pool Noodles untuk Jaga Jarak

"Secara mandiri dan nggak berkelompok. Pembimbingannya oleh dosen pembimbing lapangan secara daring," kata Shofy saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/5/2020).

Tetap dilaksanakannya KKN ini lantaran pihak kampus nggak pengen memperlambat kelulusan para mahasiswanya, mengingat belum tahu pandemi akan berakhir.

KKN jadi salah satu mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi dan jadi syarat kelulusan tiap mahasiswanya.

Untuk tema KKN, Shofy memaparkan, ada beberapa tema besar yang bakal diusung dalam pelaksanaan KKN periode ini, seperti Kesehatan masyarakat, Ketahanan ekonomi masyarakat, Ketahanan pangan, Edukasi Penyusunan sistem informasi, Supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19, Supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19.

Baca Juga: Cara Keluar-Masuk Jakarta Selama PSBB, Ajukan SIKM Pake 6 Tahapan Online Ini!

Program KKN ini ditujukan bagi warga sekitar dari mahasiwa yang menjalankan. Seperti pelatihan pembuatan masker jadi diarahkan untuk bikin masker bukan untuk diberikan cuma-cuma ke masyarakat.

"Apabila dapat menutupi kebutuhan masyarakat sekitar hasil dari program masyarakat diharapkan mampu memiliki penghasilan sampingan dari kegiatan tersebut," ujar dia.

Wah, ada yang udah mendaftar dan segera mengaplikasikan ke masayarakat. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengintip Program KKN UNS di Tengah Pandemi Corona"

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular