Follow Us

Zaman Makin Canggih, AI Aja Bisa Bikin Lagu Mirip Karya Band Rock Legendaris

Alvin Bahar, Bagas Rahadian - Minggu, 17 Mei 2020 | 20:15
Ilustrasi AI yang bikin lagu AC/DC
YouTube

Ilustrasi AI yang bikin lagu AC/DC

HAI-Online.com - Channel YouTube dengan nama Funk Turkey belum lama ini mengunggah botnya yang menulis lagu seakan seperti band rock legendaris AC/DC.

Sekilas nggak ada yang terkesan 'wah' dari lagu yang memang terdengar dari segi sound begitu mirip dengan AC/DC.

Namun, akun tersebut menjelaskan kalo lagu itu nggak dibuat menggunakan instrumen musik sederhana, melainkan disusun dengan bantuan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intellegence).

Dalam penjelasannya, Funk Turkey menjelaskan proses pembuatan lagu tersebut, yang ia sebut berawal dengan ia mengirimkan lirik lagu 'Great Balls' ke sebuah software yang diklaim dapat menganalisa kata per kata dalam lirik tersebut.

Setelahnya, software tersebut mengambil kalimat yang paling populer dan lirik-lirik tersebut dilah kembali dengan lyrics.rip sebelum ditambahkan suara instrumen musik dan vokal.

Baca Juga: Deretan Aktor Hollywood Yang Gagal Dapat Peran Batman: Dari Aktor 'Peaky Blinders' Hingga Heath Ledger

Funk Turkey juga mengatakan bahwa kerja tersulit AI-nya dalam membuat lagu ini adalah pada tahap memasukan vokal, di mana software tersebut kesulitan menirukan suara hard rock khas vokalis Brian Johnson.

"Saya memasukkan lirik AC/DC ke dalam bot dan memintanya untuk menulis lagu. Juga, izinkan saya mengatakan bahwa berusaha bernyanyi seperti Brian Johnson sangatlah sulit," tulis akun Youtube Funk Turkey.

Pada uraian video YouTube tersebut, terdapat informasi lebih lanjut: "Menggunakan lyrics.rip untuk mengikis Database Lirik Genius, saya membuat Markov Chain menulis lirik AC/DC."

Berikut video lagu mirip AC/DC yang diklaim dibuat dengan bantuan AI tersebut.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular