Follow Us

Merasa Pusing Saat Berpuasa? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Dio Firdaus - Rabu, 13 Mei 2020 | 12:15
Pusing pas lagi puasa
iStockphoto

Pusing pas lagi puasa

HAI-ONLINE.COM - Puasa ditambah kerja dari rumah selama sebulan bukan tantangan yang biasa aja.

Bahkan, ada nggak sih yang merasakan pusing di tengah puasa dan WFH ini? Kalau pernah, tenang aja sob. Kamu nggak sendirian kok.

Pasalnya memang ada beberapa hal yang menyebabkan kepala kita pusing selama berpuasa yang salah satunya adalah kelelahan.

Penasaran apa aja yang bikin kita pusing dan cara menanganinya? Langsung aja nih simak:

1. Dehidrasi

Saat Puasa, kita harus menahan rasa haus sampai waktu buka puasa tiba.

Nah, ketika kita merasa sangat haus dan tubuh nggak banyak mempunyai cadangan air, maka kita bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Apalagi jika cuaca di luar sedang panas dan teman-teman banyak melakukan aktivitas dan mengeluarkan banyak keringat.

Dehidrasi bisa membuat tubuh nggak berfungsi dengan baik. Pusing, lemas, jarang buang air kecil, dan urine berwarna lebih gelap adalah tanda-tanda kita mengalami dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi, kita disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas atau lebih yang dapat kita bagi dalam waktu sahur, berbuka, dan malam hari.

2. Tekanan Darah Rendah

Kita juga bisa merasa pusing jika jantung nggak cukup memompa darah ke otak. Hal ini salah satunya bisa disebabkan oleh tekanan darah yang rendah.

Tekanan darah yang turun tiba-tiba dapat membuat jantung nggak mampu mengantarkan darah ke otak dalam jumlah cukup. Hal ini bisa terjadi saat kita berdiri dari duduk dengan sangat cepat.

Source : bobo

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest