Follow Us

Ternyata Ini Kisah Dibalik Kode 4:20 dengan Orang yang Kecanduan Ganja

Al Sobry - Senin, 20 April 2020 | 13:33
happy 420 day
pusdataru jateng

happy 420 day

HAI-Online.com - Bukan untuk mendukung penggunaan ganja dalam.negeri ya, namun sebagai pengetahuan bahwa ada selama ini melihat atau mendengar kode 420, 4:20 atau 4/20 yang nggak jarang, kode tersebut dikait-kaitkan dengan tumbuhan ganja yang termasuk dalam kategori narkoba.

Sebenarnya, apa, sih makna dibalik kode atau simbol yang dipopulerkan dari Amerika Serikat itu?

Apalagi, saat ini sudah ada negara-negara yang merayakan budaya cannabis di setiap tanggal 20 April setiap tahunnya.

Baca Juga: Hari Ganja Internasional, Apa Arti Sejarah 420 yang Sebenarnya?

Lagi-lagi, kode itu muncul; April adalah bulan ke-4 bertemu dengan tanggal 20, jadilah 4/20.

Ternyata, sebagaimana yang diceritakan oleh Independent, kode 4/20 itu berasal dari San Rafael High School di Amerika Serikat.

Pada tahun 1971, terdapat lima pelajar dari sekolah itu yang mencari ladang ganja di dekat Reyes Peninsula Coast Guard Station.

Mereka janjian pada jam 4 lebih 20 menit di sore hari untuk memulai pesta pencarian ladang ganja tersebut.

Kala itu, mereka tidak pernah menemukan ladang ganja yang mereka idam-idamkan, namun kode 4/20 menjadi kode yang berguna bagi mereka untuk berkomunikasi antara satu sama lain.

Baca Juga: Kerennya Avi Sciffman, Pelajar SMA Pembuat Situs Pemantauan Penyebaran Covid-19 di Dunia

Salah satu dari lima pelajar tersebut, Steve Capper, menceritakan kepada Independent bahwa kode 4/20 tersebut tidak diketahui oleh guru dan orang tua mereka saat itu.

Namun, seiring penggunaan kode itu semakin melebar, akhirnya banyak orang yang tahu kalau kode 4/20 itu sering dikait-kaitkan dengan ganja.

Apalagi, kelima pelajar tersebut pernah nongkrong bareng band legendaris The Grateful Dead. Penggunaan kode 4/20 itu jadi semakin terkenal di kalangan penggemar The Grateful Dead.

Selain itu, seorang jurnalis bernama Steve Bloom, pernah menulis di Celebstoner pada tahun 1990 bahwa ia pernah datang ke konser The Grateful Dead dan mengaku menerima sebuah kertas yang menceritakan tentang kisah 4/20. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest