Follow Us

Aksi Keren Siswa SMK di Jawa Timur, Bahu Membahu Bikin Ribuan APD

Bayu Galih Permana - Minggu, 05 April 2020 | 11:55
Ilustrasi baju hazmat
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO

Ilustrasi baju hazmat

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, untuk menangani para pasien terinfeksi virus corona, dokter maupun perawan perlu menggunakan baju hazmat atau lebih kita kenal dengan Alat Perlindungan Diri (APD).

Berkaca pada kebutuhan tersebut, berbagai kalangan di Jawa Timur bahu membahu untuk mengatasi permasalahan langkanya APD, tak tekecuali siswa dari SMK tata busana di Jawa Timur.

“Kita punya 235 SMK yang memiliki kompetensi tata busana. Tahap satu ini baru memanfaatkan 22 SMK,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Hingga Sabtu (4/4) kemarin, Wahyudi mengatakan bahwa para siswa SMK di Jawa Timur seenggaknya sudah berhasil menghasilkan sebanyak 1.500 APD.

Baca Juga: Asah Otak dan Tenaga, di Belanda Ada Olahraga Tinju Dipadu dengan Main Catur

Bekerjasama dengan RS dr. Soetomo untuk memastikan kualitas produk,pembuatan APD ini, sementara ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di fasilitas kesehatan wilayah Jawa Timur.

Adapun anak-anak SMK yang ikut membuat APD disebutnya melakukannya di sekolah masing-masing dengan beranggotakan sekitar 8 hingga 10 siswa yan ikut menjahit di setiap sekolah.

Sebagai bentuk apresiasi, Wahid mengatakan bahwa setiap APD yang dijahit oleh anak-anak, mereka diizinkan untuk menuliskan pada APD tersebut SMK mana yang membuat.

Baca Juga: Bocah Ini Minta Rambutnya Dipotong seperti Ronaldo, Hasilnya Nggak Sesuai Harapan

“Jadi ini kebanggan tersendiri dari sisi kompetensi siswa SMK,” terangnya.

Widih, keren ya sob! Semoga ini bisa menjadi contoh untuk para pelajar yang lain agar juga ikut saling bahu membahu dalam menghadapi virus corona. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siswa SMK di Jawa Timur Bahu Membahu Ciptakan 1.500 APD".

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest