Follow Us

Apa Benar Kumur Air Garam Bisa Cegah Virus Coron Masuk ke Tubuh? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dio Firdaus - Rabu, 01 April 2020 | 16:05
Mengulik segudang manfaat air garam
Boldsky

Mengulik segudang manfaat air garam

HAI-ONLINE.COM- Ditengah maraknya wabah virus corona di Indonesia saat ini, HAI sempat mendapat kabar burung mengenai air garam.

Menurut kabar itu, berkumur dengan air garam bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh.

Daripada bingung, mending kita telusuri dulu nih penjelasan ilmiah yang HAI himpun dari Kompas.com.

Baca Juga: Untuk Pejuang Corona, SOHO Donasikan Produk Imboost Force Senilai Rp 1,5 Miliar

Hal yang mendasari kepercayaan akan kabar burung itu adalah banyak orang yang percaya kalau virus akan "bertahan" di tenggorokan sebelum akhirnya masuk ke tubuh.

Ini sebabnya kabar berkumur dengan air garam dianggap sebagai cara untuk mencegah masuknya virus corona.

Padahal, virus corona itu biasanya masuk ke tubuh lewat cairan tubuh atau droplet yang terhirup lewat hidup. Itu kenapa kita dianjurkan untuk nggak menyentuh muka dengan tangan kotor.

Baca Juga: Caranya Kurang Tepat, Ini 5 Kesalahan Orang Berjemur yang Bikin Gagal Sehat

Nah, karena sebab ini lah, para dokter nggak percaya kalau air garam bisa mengangkat virus corona yang ada di tenggorokan. Sebab virus itu nggak lewat ke tenggorokan, sob.

Menurut Lembaga Kesehatan Publik Nasional Amerika Serikat, berkumur dengan air garam emang cara ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan. Tapi belum terbukti bisa mencegah corona masuk ke tubuh.

Seorang dokter dari University of Pennsylvania, AS pun mengatakna kalau berkumur dengan air garam hanya bisa meredakan peradangan tenggorokan, nggak mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh.

Dengan hasil penelusuran ini, maka dinyatakan kabar burung yang bilang berkumur air garam bisa mengangkat virus corona HAI nyatakan, hoaks. Sekian dan terima kasih. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest