Follow Us

Berstatus KLB Virus Corona, UNBK SMK Kota Solo dan Sekitarnya Ditunda

Bayu Galih Permana - Minggu, 15 Maret 2020 | 13:30
Ilustrasi pelajar
HAI-Online.com

Ilustrasi pelajar

HAI-Online.com - Seiring penetapan status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona, Dinas Pendidikan Jawa Tengah akhirnya memutuskan untuk menunda pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK di kota Solo dan sekitarnya.

Menurut jadwal sebelumnya, UNBK untuk jenjang SMK ini sendiri bakal digelar dalam empat hari ke depan, mulai Senin (16/3) hingga Kamis (19/3) besok.

Kepastian mengenai penundaan UNBK jenjang SMK di kota Solo dan sekitarnya tersebut disampaikan secara langsung olleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melalui grup Kepala Pendidikan se-Jateng.

"Benar, sudah di-share di grup Kadisdik oleh Kepala Disdikbud Provinsi Jateng," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowati seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Galakkan Pariwisata Jogja di Tengah Wabah Virus Corona, Dosen UGM Tulis Surat Terbuka

Ketujuh wilayah di Jawa Tengah yang harus mengalami penundaan UNBK jenjang SMK akibat virus corona, antara lain Surakarta, Sragen, Karanganyar, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, dan Boyolali.

Berikut beberapa poin pengumuman yang disampaikan oleh Kadisdikbud Jawa Tengah terkait penetapan status KLB virus corona terhadap kota Solo:

  1. Seluruh siswa SMA, SMK, SLB di Jateng libur dari 16-29 Maret 2020. Untuk pembelajaran dilakukan secara daring.
  2. UNBK wilayah di luar Solo Raya tetap dilaksanakan, sedang untuk Solo Raya ditunda.
  3. Masa dari tanggal 16-29 Maret 2020 digunakan sekolah untuk mengkonsolidasikan sekolah dan menyiapkan sarana kesehatan bagi warganya. Diantaranya membersihkan sekolah, membeli bahan atau alat kesehatan, membuat SOP kesehatan, dan lain-lain.
  4. Ketentuan libur Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan UN ini bersifat dinamis, atau sewaktu-waktu berubah mengikuti dinamika penyebaran Covid-19.
  5. Mohon dipastikan pelaksanaan UNBK mengikuti protokol pelaksanaan UNBK dengan benar.
  6. Kacabdin atau Kantor Cabang Dinas mohon mengkosolidasikan satpend (satuan pendidikan).
Wah, pasti sedih banget udah melakukan persiapan dengan matang tapi akhirnya ditunda. Semoga aja penundaan ini nggak mempengaruhi hasil UNBK para siswa ya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terbaru! UNBK SMK di Solo Ditunda juga 6 Wilayah Lain".

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular