Follow Us

Sampah Plastik Jadi Material Pembuat Jalanan, Diklaim 3 Kali Lebih Awet dari Aspal

Ricky Nugraha - Kamis, 12 Maret 2020 | 17:15
Perusahaan Ini Ubah Sampah Plastik Jadi Material Pembuat Jalan, Diklaim 3 Kali Lebih Awet dari Aspal
macrebur.com

Perusahaan Ini Ubah Sampah Plastik Jadi Material Pembuat Jalan, Diklaim 3 Kali Lebih Awet dari Aspal

HAI-online.com - Salah satu masalah lingkungan terbesar yang dihadapi dunia saat ini adalah pencemaran plastik. Untuk itu, banyak pihak pun berusaha menemukan cara untuk memeranginya.

Salah satu orang yang sangat aktif dalam upaya ini dalah Toby McCartney, seorang insinyur yang tampaknya menemukan penggunaan sempurna untuk limbah plastik.

Pria asal Skotlandia ini terinspirasi oleh dua hal. Pertama, dia tersentuh akan kekhawatiran putrinya terhadapa besarnya sampah plastik yang ada di lautan.

Kedua, saat dalam perjalanan ke India, McCartney memperhatikan orang-orang lokal melelehkan sampah plastik untuk mengisi lubang di jalan mereka. Itu memberinya ide untuk membangun suatu perusahaan.

Baca Juga: Manfaatkan Robot, Kafe di Jepang Beri Kesempatan Orang Lumpuh untuk Bekerja

Perusahaan bernama MacRebur ini membuat pelet dari limbah plastik dan menggunakannya untuk membuat jalan.

Mereka mengambil plastik dari penggunaan komersial dan rumah tangga, di mana perbandingannya sekitar 60 persen dari komersial dan 40 persen dari rumah tangga.

Mereka kemudian menggunakan granulator untuk mengubahnya menjadi potongan-potongan kecil yang ukurannya nggak lebih dari 5mm.

Material pembuat jalan
macrebur.com

Material pembuat jalan

“Selanjutnya, butiran plastik dicampur dengan aktivator kami — inilah yang membuat plastik menyatu dengan baik ke jalanan yang kami buat," terang MacRebur di situsnya.

Baca Juga: Ini Dia Steak Pertama di Dunia yang Dibuat dengan 3D-Printer, Bahannya Bukan Daging Hewan

"Aktivator kami dipatenkan dan apa isinya rahasia! Perpaduan butiran plastik dan aktivator ini — sebut saja campuran MacRebur — lalu dilanjutkan ke produsen aspal.”

Source : Bored Panda

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest