Follow Us

Jangan Sembarangan Bikin Hand Sanitizer Sendiri, Ini Potensi Bahayanya!

Hai Online - Jumat, 06 Maret 2020 | 16:45
hand sanitizer dapat mencegah tangan dari kuman dan kotoran
aboblist.com

hand sanitizer dapat mencegah tangan dari kuman dan kotoran

Hai-Online.com - Jangan coba-coba bikin hand sanitizer sendiri. Apalagi tanpa ada petunjuk yang tepat dan juga uji klinisnya.

Nah, belakangan ini marak sekali Panic Buying yang mengakibatkan masker dan juga Hand Sanitizer habis di pasaran sehingga langka, sekalipun ada bahkan dijual dengan harga yang fantastis.

Hal itu akhirnya membuat beberapa orang berinsiatif untuk membuat Hand Sanitizer ala-ala sendiri di rumah. Tapi kreativitas ini justru bisa mengundang bahaya guys, kenapa?

Dengan adanya fenomena ini membuat para ahli kesehatan dunia ikut berkomentar, mereka menghimbau untuk lebih berhati-hati, sebab Organisasi Kesehatan Dunia memiliki panduan resmi untuk membuat pembersih tangan rumahan.

Tapi hal ini ditujukan untuk populasi yang nggak punya air bersih atau produk kelas medis lainnya.

Baca Juga: Timbun Masker dan Hand Sanitizer selama Wabah Corona, Siap-siap Masuk Penjara atau Didenda Hingga Rp 50 Miliar

Kalo dibikin pake cara yang benar sudah pasti bakalan membantu dan cenderung efektif. Hanya saja, kalo dibikin secara nggak benar, itu bisa sangat berbahaya.

"Saya khawatir orang membuat pembersih sendiri karena akan sulit untuk memastikan bahwa konsentrasinya benar," Daniel Parker, asisten profesor kesehatan masyarakat di University of California, Irvine.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Agar pembersih tangan efektif, setidaknya harus punya 60% kandungan alkohol di dalamnya.

Pembersih tangan yang dibeli di toko seringkali ditemukan memiliki emolien untuk ngelawan kekerasan alkohol pada kulit. Kalo kamu nggak punya resep yang khusus untuk buat sendiri.

Kamu bisa punya resiko melukai tangan sendiri loh guys. Kata Sally Bloomfield, seorang profesor di London School of Hygiene dan Tropical Medicine kepada Guardian.

Tetep jaga kebersihan ya guys, jangan coba-coba kalo nggak ngerti takaran yang sebenernya! Jangan menimbulkan masalah yang baru yak hehe. (*)

Penulis : Sesa Salsabila

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest