Berukuran Mini, Para Astronom Umumkan Adanya Bulan Baru yang Mengorbit Bumi

Bayu Galih Permana - Senin, 02 Maret 2020 | 15:47
2020 CD3
TWITTER/WIERZCHOSKACPER

2020 CD3

HAI-Online.com - Baru-baru ini, sekelompok astronom diketahui berhasil menemukan adanya temuan bulan baru berukuran mini yang mengorbit planet tempat tinggal kita saat ini, Bumi.

Seperti dilansir HAI dari UNILAD, para astronom mengatakan bahwa objek bernama 2020 CD3 tersebut ditangkap mengorbit Bumi pada Sabtu (15/2) malam.

Dalam laporan yang ada, disebutkan bahwa bulan mini tersebut ditemukan oleh 2 astronom dari Catalina Sky Survey bernama Kacper Wierzchos dan Teddy Pruyne.

Melakukan pengamatan selama beberapa hari, mereka mempelajar objek tersebut lebih dalam dan mengumpulkan gambar detail dari 2020 CD3 ketika tengah mengorbit Bumi.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Peneliti Dapati Temuan Oksigen Molekuler di Galaksi Selain Bima Sakti

Dapat bersinar terang karena kandungan karbon di dalamnya, bulan mini tersebut mempunyai diameter antara 6,2 hingga 11,5 kaki (18,8 sampai 35,05 meter).

Meskipun baru ditemukan baru-baru ini, astronom menyebut bahwa 2020 CD3 telah mengorbit Bumi dalam tiga tahun terakhir.

Hal itu sendiri disampaikan oleh astronom Tony Dunn, di mana dia mempelajari data simulasi orbital dari para penemu 2020 CD3.

Baca Juga: Ventela Kolaborasi Bareng Never Too Lavish, Banyak yang Udah Nggak Sabar Nungguin Hasilnya

"Bumi memiliki objek yang baru ditangkap dengan sebutan 2020 CD3. Pada malam 15 Februari, aku dan rekan satu tim dari Catalina Sky Survey, Teddy Pruyne menemukan benda ini," tulis Wierzchos melalui akun Twitter pribadinya.

Widih, kira-kira 2020 CD3 nantinya dapat dilihat telanjang mata dari Bumi seperti bulan nggak ya sob? (*)