Follow Us

Bikin Orang Penasaran, Ternyata Ini Fungsi Lubang Kecil yang Ada di Jendela Pesawat

Bayu Galih Permana - Minggu, 01 Maret 2020 | 16:01
Lubang kecil pada jendela pesawat
HAI/BAYU GALIH PERMANA

Lubang kecil pada jendela pesawat

HAI-Online.com - Ketika menaikki pesawat, sebagian besar orang lebih memilih untuk duduk di bangku dekat jendela supaya mereka bisa menikmati pemandangan awan ataupun kota dari atas.

Menariknya, ketika tengah asik menengok pemandangan dari dalam pesawat, kita pasti pernah dibuat salah fokus dengan adanya lubang kecil pada bagian bawah kaca jendela.

Menurut penjelasan pengamat penerbangan, Chappy Hakim, lubang di kaca itu masuk dalam bagian air conditioning and pressurization system, yang mengatur keadaan suhu dan tekanan dalam kabin.

"Lubang itu intinya berfungsi membuat suhu dan tekanan di dalam kabin dan di luar pesawat senyaman mungkin seperti di atmosfer. Jika pesawat terbang semakin tinggi, bisa dibayangkan dinginnya. Lubang-lubang itu untuk menyamakan suhu di dalam pesawat," ujar Chappy.

Baca Juga: Nggak Persiapkan Baju untuk Jalan-jalan, Jebolan The Voice Indonesia Tega Pukul dan Tendang Kepala Ibunya Sendiri

Nggak cuma itu aja, lubang pada kaca jendela pesawat diketahui juga mempunyai fungsi untuk menyamakan tekanan udara di dalam pesawat agar seperti ketika berada di darat.

"Lubang-lubang itu nantinya berfungsi untuk menyamakan tekanan udara di dalam pesawat seperti di darat," terangnya lebih lanjut, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Selain menyamakan tekanan udara, fungsi lain dari lubang pada jendela pesawat tersebut yaitu untuk mencegah kaca berembun.

Baca Juga: Viral The Salt Challenge di TikTok, Dokter Jelaskan Bahaya Di Baliknya

"Lubang-lubang di jendela pesawat itu juga bagian dari de-icing system. Jadi, membantu untuk mencairkan es yang ada di jendela akibat perbedaan suhu," tutup Chappy sambil menegaskan bahwa lubang kecil itu sengaja dibuat demi kenyamanan penumpang.

Gimana, sekarang udah tahu kan sob? Kalau kalian sendiri gimana, sebelumnya mikir lubang kecil pada jendela pesawat tersebut buat apa? (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest