Follow Us

Wajib Catat! 2 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Fresh Graduate Kalau Pengen Dapetin Pekerjaan yang Layak

Bayu Galih Permana - Rabu, 19 Februari 2020 | 16:30
Gambar ilustrasi
PIXABAY/FREE-PHOTOS

Gambar ilustrasi

HAI-Online.com - Di tengah ketatnya persaingan antar satu sama lain, ternyata masih banyak remaja yang merasa percaya diri bisa mendapatkan pekerjaan layak di masa depan nanti.

Kepercayaan diri dari para remaja ini muncul karena mereka sudah merasa kompeten dan punya ketrampilan khusus yang dapat dipakai sebagai bekal ketika mencari pekerjaan.

Hal ini sendiri terungkap melalui survei yang dilakukan HAI-Online dan CewekBanget.ID terhadap 2.442 remaja laki-laki maupun perempuan pada rentang usia 15 hingga 24 tahun yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia.

Dalam survei tersebut, sebanyak 80,4 persen remaja merasa yakin bahwa mereka akan mendapat pekerjaan yang layak di masa depan, sedangkan 19,6 persen sisanya enggak.

Baca Juga: Sekolah Ini Temukan Dompet Siswa Mereka Pada Tahun 50-an di Dekat Loker, Isinya Bawa Kita Kembali ke Masa Lalu

Meskipun begitu, dari hasil survei disebutkan bahwa banyak siswa merasakan manfaat magang untuk mendapatkan keterampilan dan menunjang karier di masa depan.

Selain untuk mendapatkan pengalaman kerja dan membuka jaringan maupun kompetensi baru, kegiatan magang dinilai dapat mengasah soft skill serta hard skill mereka.

Hard skill sendiri meliputi keahlian utama yang dibutuhkan dunia kerja dan keterampilan khusus yang nggak ada di sekolah, sementara soft skill lebih ke kepribadian yang memberikan pengaruh terhadap hubungan interpersonal satu dan lainnya.

Baca Juga: Supreme Bikin Biskuit Kolaborasi dengan Oreo untuk Koleksi Terbaru

Terlepas dari itu, ada dua kunci utama yang perlu diperhatikan oleh para fresh graduate untuk bisa mendapatkan pekerjaan layak, di antaranya:

CV

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest