Follow Us

Viral Video Cara Curang Dapat Kunci Jawaban Ujian Berbasis Komputer dengan Mudah, Begini Tanggapan Kemendikbud

Bayu Galih Permana - Rabu, 19 Februari 2020 | 13:30
Video cara curang untuk mendapat kunci jawaban ujian berbasis komputer dengan mudah.
TIKTOK/AKUDEBE

Video cara curang untuk mendapat kunci jawaban ujian berbasis komputer dengan mudah.

HAI-Online.com - Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan video yang dibagikan oleh akun Twitter @corntolll mengenai cara curang untuk mendapatkan kunci jawaban ujian berbasis komputer dengan mudah dan cepat.

Dibagikan pada Minggu (16/2) lalu, @corntolll terlihat mengunggah ulang video milik pengguna TikTok dengan akun akudebe.

Dalam video berdurasi 19 detik tersebut, akudebe terlihat mempertontonkan wajah-wajah teman sekelasnya yang pusing saat mengerjakan try out.

Hingga kemudian, dia mempertontonkan salah satu siswa yang dapat mengerjakan TO tersebut secara cepat karena mendapatkan kunci jawaban dengan memanfaatkan fitur "inspect element" pada browser.

Baca Juga: Cuma Ngasih Lihat Saat Tidur, Siaran Live Streaming Cowok Ini Ditonton 60 Ribu Pengguna Facebook

Ketika teman-temannya masih pusing untuk mencari jawaban dengan cara menghitung, siswa tersebut sudah menyelesaikan soal-soal tryout yang diberikan.

"Sefruit tips," tulis @corntolll dalam keterangan video yang hingga kini telah disaksikan lebih dari 400 ribu kali oleh pengguna Twitter tersebut.

Sontak, video itu pun kemudian langsung mengundang beragam komentar dari berbagai macam pihak, salah satunya akun Twitter Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam keterangannya, Itjen Kemendikbud mengatakan bahwa aplikasi dalam video itu berbeda dengan yang digunakan pihaknya untuk melakukan simulasi UNBK.

Baca Juga: Sekelompok Ilmuwan Temukan Sinyal Radio Berpola yang Datang dari Luar Angkasa

Source : Twitter

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest