Follow Us

Siapa Bilang Kita Cuma Terkena Cacar Sekali Saja? Ini Penjelasannya

Dio Firdaus - Kamis, 06 Februari 2020 | 20:00
Ilustrasi virus corona
(Stocktrek Images/Getty Images)

Ilustrasi virus corona

HAI-ONLINE.COM- Sob, kamu udah pernah terkena cacar air belum? Hampir kebanyakan orang yang sudah memasuki umur remaja sih, udah mengalami cacar air.

Konon, kalau kamu sudah pernah terkena cacar air, nggak akan bisa tertular oleh penyakit ini lagi alias sekali seumur hidup. Tapi nyatanya ternyata fakta itu salah besar sob.

Nyatanya bukan hal yang mustahil kalau kita mengalami cacar kembali, jika sudah pernah terkena. Karena sejatinya virus ini hanya tertidur di dalam serabut saraf, sehingga masih bisa muncul kembali.

Tapi hal itu bisa terjadi karena daya tahan tubuh kita rendah atau karena infeksi yang muncul pertama kali sangat ringan.

Jika terinfeksi lagi, cacarnya pun berbeda. Infeksi yang kedua ini adalah herpes zoster atau cacar ular. Virus yang menjadi dalang dari infeksi ini sama seperti cacar air, yaitu Varicella Zoster virus.

Baca Juga: Bos Ini Pilih Pekerjakan Seorang Gen-Z yang Nggak Punya Pengalaman Sama Sekali, Ini Alasannya

Gejala umum yang sering terjadi saat mengalami cacar ular ini adlaah rasa nyeri yang hebat dan panas terbakar saat tubuh kita bersentuhan dengan sesuatu sekalipun sentuhan ringan seperti baju.

Seperti cacar pada umumnya, gejala itu disertai dengan gelembung-gelembung berisi cairan, sebagaimana HAI rangkum dari Bobo.id.

Antara cacar air dan cacar ular ini punya hubungan yang unik sob. Bukan beda agama, tapi. Melainkan berkaitan dengan respon imunitas tubuh kita.

Secara teori, cacar ular terjadi pada seseorang yang memiliki sistem imunitas normal dan nggak rendah. Bisa timbul karena kadar antibodi cacar air dan imunitas tubuh kita sedang turun.

Maka dari itu, sistem imun kita nggak lagi ampuh untuk menahan virus ini dan akhirnya virus ini kembali aktif sob.

Sekarang sudah tau kan sob kalau cacar bisa datang dua kali? Jaga kesehatan terus ya!

Source : bobo

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest