Follow Us

Hati-Hati dengan SMS Berilis Link 'Chat-V', Kalo Diklik Bisa Bahaya!

Dio Firdaus - Kamis, 30 Januari 2020 | 19:55
SMS penipuan yang mengaku dari Apple

SMS penipuan yang mengaku dari Apple

HAI-ONLINE.COM- Modus serang digital melalui SMS sepertinya kembali marah nih sob. Kini, SAFEnet menerima sejumlah laporan terkait serangan digital via SMS yang dijuluki "Chat-V"

Merangkum dari KompasTekno, serangan digital ini sejatinya mengandalkan sebuah link yang berasal dari domain "chat-v.com","mischat.sg", "vchat.im" dan lainnya.

Untuk mengelabuhi korban, pelaku biasanya menayapa dengan nama asli yang diikuti dengan kalimat ajakan untuk mengklik link tersebut. Seperti gambar yang HAI himpun dari Kompas nih sob contohya.

Baca Juga: Kesian, Siswi SMA di Makassar Ini Nge-prank Orangtua Mengaku Diculik!

Contoh penipuan
Kompas

Contoh penipuan

Apa yang terjadi kalau kita klik link itu?

Kalau diklik, korban akan dialihkan ke toko aplikasi untuk mengunduh aplikasi popluer Mi Chat. Biasa aja? Eits, tunggu dulu, itu cuma kedoknya aja sob.

Tautan itu nantinya secara otomatis akan memasang 5 aplikasi Android berbahaya yang bisa mengakses ponsel pengguna sekaligus. Serem banget kan?

Menurut firma keamanan Symtec, salah aplikasi yang terpasang, bernama base.apk itu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan resiko pada privasi, keamanan, atau gangguan stabilitas pada perangkat.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Hal Ini, Mendiamkan Charger di Stopkontak Ternyata Berbahaya!

Lebih lanjut lagi, aplikasi tersebut ternyata memanfaatkan perintah OS berbasis Linux "su", yang di mana biasanya digunakan untuk mengubah akses pengguna ketika baru login atau masuk ke dalam aplikasi.

Artinya, pelaku bisa mencuri data-data pengguna yang tersimpan di dalam ponsel korban karena sang korban secara tidak sadar mengizinkan mengakses ponsel itu.

Saran HAI sih, ketika kamu menerima SMS ini ada baiknya nggak mengklik link tersebut. Tapi kalo kamu sudah terlanjur, langsung aja deh factory reset. (*)

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest