Follow Us

Punya Hobi Pencetin Jerawat? Dokter Spesialis Kulit Jelaskan Bahaya yang Mengancam Di Baliknya

Bayu Galih Permana - Selasa, 28 Januari 2020 | 19:00
Ilustrasi memencet jerawat
via The Healthy

Ilustrasi memencet jerawat

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, banyak orang yang memiliki hobi memencet jerawat karena masalah kulit satu ini dapat menimbulkan rasa nggak nyaman, bahkan merusak kepercayaan diri mereka.

Padahal, kebiasaan orang-orang memencet jerawat ternyata dapat mengakibatkan sejumlah bahaya pada wajahnya.

Fakta mengenai bahaya memencet jerawat ini sendiri diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr dr Prasetyadi, SP.KK(K), FINSDV, FAADV.

"Kalau kita mengalami jerawat dengan peradangan, jangan mudah sekali-kali dipencet, di-facial, dikeluarkan, diekstraksi, atau digaruk-garuk," ujar dokter yang kerap disapa Pras ini pada Senin (27/1) kemarin, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Menurut Penelitian, 20 Lagu Ini Bisa Bikin Lo Bangun Pagi. Jadiin Alarm!

Pras menjelaskan, ada beberapa bahaya yang mungkin terjadi saat seseorang nggak tahan untuk memencet jerawat pada wajah, di antaranya pendarahan, iritasi, infeksi, kemunculan jaringan parut, benjolan keras, hingga bopeng-bopeng.

"Kalau sudah ada luka, hasil penyembuhannya bisa jadi tidak sempurna. Alhasil, muncul bopeng bopeng di wajah," terangnya menambahkan.

Ilustrasi bopeng akibat memencet jerawat
Medical News Today

Ilustrasi bopeng akibat memencet jerawat

Ketika lubang yang ditimbulkan akibat luka jerawat sudah dalam keadaan parah, bopeng tersebut nantinya akan susah untuk disembuhkan.

Maka dari itu, penting bagi orang-orang untuk mengetahui cara penanganan jerawat dengan tepat supaya nggak menyesal di kemudian hari.

Wah, ngeri juga ya sob! Jadi gimana, mulai dari sekarang yakin nih masih pada mau mencetin jerawat di muka? (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest