Follow Us

Nggak Cuma Bisa Terperosok Lubang, Bahaya Ini Mengintai Motor yang Sering Terobos Genangan Air

Bayu Galih Permana - Rabu, 08 Januari 2020 | 18:00
Ilustrasi motor menerobos banjir
GRIDOTO/OKKIE

Ilustrasi motor menerobos banjir

HAI-Online.com - Ketika hujan, pengendara motor disarankan untuk menghindari genangan air karena selain dapat menyebabkan mereka terperosok lubang, ada bahaya yang mengintai di balik kondisi tersebut.

Seperti dilansir HAI dari GridOto.com, menerobos genangan air diketahui dapat menyebabkan masalah pada bagian kaki-kaki sepeda motor.

Menurut penjelasan Doli Pratama dari Subur Motor, kebiasaan menerobos genangan air dapat mengakibatkan area bearing roda menjadi aus dan berkarat.

"Mulai dari yang paling rawan berkarat dan aus akibat banjir itu di area bearing roda," ujar pria yang kerap disapa Batak tersebut.

Baca Juga: Main Game Bukan Buat Kita Aja, Buktinya Emak-emak Ini Hasilkan Rp 61 Juta Hanya dari Bermain PUBG Online

Apabila nggak segera dilakukan penanganan, kondisi tersebut nantinya akan membuat ban jadi mudah bergoyang sehingga sangat berbahaya ketika pengendara melakukan pengereman.

"Bearing yang berkarat dan aus akibat banjir bisa bikin ban bergoyang. Apalagi kalau mengerem saat jalanan tergenang, bisa membahayakan," terangnya menambahkan.

Ilustrasi motor menerobos banjir
KOMPAS.COM/MUHAMAD ISA BUSTOMI

Ilustrasi motor menerobos banjir

Selain itu, area girbok speedometer yang juga rawan bermasalah apabila pengendara sepeda motor nekat menerabas genangan banjir.

"Terutama untuk motor-motor lama yang masih pakai kabel speedometer, area girboksnya juga rawan bermasalah kalau lewat jalan tergenang," tutup Batak.

Tuh, dengerin sob! Jadi, mulai sekarang kalau hujan sebisa mungkin hindari genangan air ya supaya nggak mengalami masalah serupa. (*)

Source : GridOto.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest