Follow Us

Buku Lo Kena Banjir? Ini Cara Jitu Ngeringin Jadi Kayak Semula!

HAI Internship - Kamis, 02 Januari 2020 | 19:00
buku
Istimewa/TribunBali

buku

Hai-Online.com - Banjir emang bikin sedih, rumah terendam, barang-barang hanyut, malah ada video beredar mobil-mobil pun ikut hanyut. Karena kita nggak bakal sempat menyelamatkan barang, karena kesalamatan diri lah yang paling penting.

Bagi kalian yang punya buku-buku dan terkena banjir, tenang aja! Kali ini HAI mau ngasih tau cara mengeringkan buku kalian yang basah. Tinggal jemur aja kan? Bukan, kalau cuma dijemur lembar-lembar buku kalian akan ikut menempel.

Caranya itu seperti ini:

1. Siapkan Paper towel

Paper Towel atau tisu dapur ini, digunakan untuk mengeringkan tahap pertama. Caranya, alaskan paper towel di bagian belakang dan depan buku kalian, lalu ditekan perlahan. Ingat ya ukuran paper towelnya menyamakan ukuran buku.

2. Sisipkan Paper Towel per 10-20 halaman

Kali ini paper towelnya diselipkan ya per 10-20 halaman, ingat harus sesuai ukuran bukunya. Nah, kalau kalian lagi buka bukunya, jangan lebih dari 90 derajat ya karena kan bukunya basah, antisipasi tidak rusak. Selipkan sampai ke setengah halaman buku, lalu tekan perlahan lagi.

Ulangi sampai bukunya patted dry

Baca Juga: Harus Beli Buku Hingga Jutaan Rupiah, Ratusan Siswa Lakukan Aksi Lempar Buku ke Halaman Sekolah

3. Fan Out The Pages

Maksudnya adalah, lebarkan bukumu membentuk seperti kipas. Sambil kalian hadapkan juga dengan kipas. Pakai kecepatan yang low ya, dan tinggal sampai semalaman. (atau sampai kering)

Halaman Selanjutnya

4. Press dengan 2 papan
1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest