Follow Us

Nggak Sempet Lihat? Begini Potret Cantik Gerhana Matahari Cincin yang Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia

Bayu Galih Permana - Kamis, 26 Desember 2019 | 13:42
Antusiasme masyarakat melihat fenomena gerhana matahari cincin (kiri), dan penampakkan GMC sempurna di Singkawang (kanan).
RICKY MARTIN/NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA - TWITTER/BMKG

Antusiasme masyarakat melihat fenomena gerhana matahari cincin (kiri), dan penampakkan GMC sempurna di Singkawang (kanan).

HAI-Online.com - Pada Kamis (26/12) siang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa sejumlah wilayah di Indonesia akan dilewati fenomena astronomi gerhana matahari cincin (GMC).

Menurut penjelasan yang disampaikan Kepala Biro Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Akhmad Taufan Maulana, fenomena alam GMC akan memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB dan berakhir di jam 12.19 WIB.

Nah buat kalian yang ketinggalan momen tersebut, pihak BMKG baru saja merilis penampakan gerhana matahari cincin di sejumlah wilayah Indonesia, salah satunya Nias.

Potret indah dari gerhana matahari cincin yang terjadi di Nias ini sendiri dibagikan BMKG melalui akun Twitter resmi mereka.

Baca Juga: Fotografer Ini Buktiin Tempat-tempat Keren yang Jadi Latar Film Beneran Ada di Dunia Nyata

"Potret puncak gerhana matahari cincin yang diabadika oleh Tim BMKG dari Nias Utara. Indah yah, seindah cincin dari kamu," tulis BMKG.

Selain Nias, pihak BMKG juga membagikan potret cantik penampakan gerhana matahari cincin sempurnya yang terjadi di wilayah Singkawang, Kalimantan Barat.

"Dan inilah penampakan Gerhana Matahari Cincin Sempurna yang berhasil diabadikan Tim BMKG yang melakukan observasi di Singkawang Sungguh indah dan menakjubkan," tulis BMKG.

Hingga saat ini, fenomena satu ini masih bisa dinikmati sejumlah wilayah di Indonesia dan bagi yang nggak mau ribet melihat dari luar rumah bisa langsung klik aja di sini.

Cantik banget ya sob! Gimana, kalian pada mencoba untuk menyaksikan gerhana matahari cincin dengan mata kepala sendiri nggak nih tadi? (*)

Source : Twitter

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest