Follow Us

Meski Gratisan, Situs Streaming Film Ilegal Terima Pendapatan Fantastis Tiap Harinya

Bayu Galih Permana - Kamis, 26 Desember 2019 | 11:00
Mengakses situs streaming dan download ilegal seperti IndoXXI ternyata berbahaya.
IndoXXI

Mengakses situs streaming dan download ilegal seperti IndoXXI ternyata berbahaya.

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti pernah mengakses situs streaming film ilegal seperti IndoXXI atau LK21, di mana alasannya nggak lain ya karena gratisan.

Hal ini bisa dilihat dari riset YouGov untuk Coalition Against Privacy (CAP) dari Asia Video Industry Association, yang menunjukkan bahwa 63 persen konsumen online Indonesia memiliki kebiasaan untuk mengakses situs streaming film atau torrent ilegal.

Menariknya, meski dapat diakses secara gratisan, nyatanya pengelola situs streaming film ilegal diketahui mampu meraup pendapatan yang sangat besar bahkan nilainya bisa mencapai puluhan juta rupiah per hari.

Pernyataan ini sendiri disampaikan spesialis keamanan internet dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya berkaca pada banyaknya orang yang mengunjungi situs streaming film bajakan.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Film Home Alone Selalu Muncul Saat Libur Natal

Berdasar data dari web analisis trafik Alexa, salah satu situs streaming film ilegal yang populer di Indonesia, LK21 diketahui mendapatkan kunjungan hingga 8 juta orang tiap harinya.

Apabila tiap orang memberikan penghasilan Rp 10, Alfons memperkirakan pendapatan yang diraih oleh situs tersebut dapat mencapai Rp 80 juta.

"Kalau satu orang memberikan penghasilan Rp 10, sehari pendapatannya (saat itu) bisa mencapai 80 juta," terang Alfons menjelaskan hitungan kasar pendapatan yang didapat situs streaming film ilegal, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Kirim Pesan ke Orang yang Ngebully di Masa Lalu, Orang Ini Dapat Jawaban Tak Terduga

Nominal Rp 10 tersebut didapatkan dari biaya iklan yang mau nggak mau harus diklik oleh para pengakses di situsnya.

Sementara itu, situs yang lebih populer, seperti IndoXXI menurut Alfons berpeluang mendapatkan keuntungan lebih besar.

Wah, banyak juga ya sob! Kalau kalian sendiri selama ini gimana nih, termasuk yang mengakses film di situs streaming legal atau ilegal nih? (*)

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest