Follow Us

Pelan-Pelan Sob, Menurut Ahli Makan Terlalu Cepat Punya Efek Negatif

Dio Firdaus - Kamis, 19 Desember 2019 | 09:00
Jangan Mengunyah Makanan Hanya di Satu Sisi, Ada Bahaya yang Mengintai
Insider

Jangan Mengunyah Makanan Hanya di Satu Sisi, Ada Bahaya yang Mengintai

HAI-ONLINE.COM- Semasa kecil siapa yang suka diomelin sama orangtua yang nyuruh untuk makan lebih cepet?

Katanya sih kalau kita makannya cepat, kita bisa tumbuh gede lebih cepat. Sebenarnya itu nggak salah sih, bahkan bener banget.

Kalau untuk anak-anak sih nggak terlalu bermasalah. Tapi kalau udah dewasa, kayaknya harus dipikir ulang deh sob untuk makan buru-buru.

Karena para ahli memperingatkan efek negatif dari makan terlalu cepat. Hal ini nggak hanya menyebabkan makan berlebihan, tapi juga bisa menyebabkan peningkatan berat badan secara tiba-tiba.

Sebagaimana hasil penelitian dari Journal of Academy of Nutrition and Deitetics yang HAI rangkum dari Kompas.com, ketika orang makan dengan lambat, mereka juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Baca Juga: Berkat AI, Instagram Bisa Saring Komen yang Bersifat Bullying

Bahkan menurut para peneliti, mengunyah berkepanjangan bisa mencegah diabetes dan mengurangi hasrat untuk makan makanan ringan.

Mengunyah makanan dengan baik juga membuat nutrisi yang hilang dalam proses pencernaan lebih sedikit.

Tercatat dalam sebuah studi kalau semakin lama orang mengunyah, semakin sedikit kalori yang dikonsumsi. Ini karena hormon yang mengatur nafsu makan akan memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan.

Dengan begitu, kamu pun akan merasa cepat kenyang dan bisa mengurangi kemungkinan konsumsi lebih banyak makanan setiap kali makan.

Tuh sob, lain kali kalau makan jangan cepet-cepet ya sob. Santuy aja! (*)

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest