Follow Us

Berkat AI, Instagram Bisa Saring Komen yang Bersifat Bullying

Dio Firdaus - Rabu, 18 Desember 2019 | 17:30
Ilustrasi Instagram
9To5Mac

Ilustrasi Instagram

HAI-ONLINE.COM- Menunju pergantian tahun 2019-2020, Instagram kembali menghadirkan fitur baru yang sangat berguna untuk mengurangi bullying di platformnya.

Nggak bisa dipungkiri, hate comment atau komen jahat yang bersifat bullying memang sering terjadi hampir semua media sosial. Namun Instagram mengambil langkah untuk mengatasi hal ini.

Fitur baru ini diberi nama Caption Warning yang berfungsi untuk mencegah pengguna menyerang pengguna lain melalui caption atau keterangan di foto.

Baca Juga: Selain Faktor Kesehatan Mental, Instagram Kabarnya Punya Alasan Lain Sembunyikan 'Like'

Dengan fitur ini, pengguna yang menulikan kata-kata kasar atau seperti menyerang akan mendapatkan sebuah notifikasi "Caption ini sama dengan yang telah dilaporkan banyak orang" beserta beberapa opsi.

Jendela peringatan Caption Warning di Instagram yang bakal muncul ketika caption yang pengguna ketikkan mengandung kata-kata berbau negatif.
(KOMPAS.com/Bill Clinten)

Jendela peringatan Caption Warning di Instagram yang bakal muncul ketika caption yang pengguna ketikkan mengandung kata-kata berbau negatif.

Opsi tersebut ada "Edit Caption", "Learn More" dan "Share Anyway"

"Edit Caption" berfungsi untuk mengubah caption yang dinilai negatif, tekan "Learn More" untuk melihat di mana letak kalimat terlarang dan "Share Anyway" untuk mengabaikan notifikasi ini.

Baca Juga: Daftar 10 Film terbaik Dekade Ini Versi IMDB. Nomor Satu Bukan Endgame!

Namun, saat HAI coba menulis kata yang kasar di komen, nggak terlihat adanya notifikasi yang melarang HAI untuk meneruskan unggah tulisan tersebut.

Hal itu mungkin karena fitur ini belum masuk ke Indonesia.

Selain itu, dengan adanya "Share Anyway" pada opsi sebenarnya kurang efektif dan terlihat kalau AI yang digunakan Instagram belum benar-benar bisa mendeteksi kalimat kasar secara tajam.

Namun meskipun bgeitu, fitur itu sangat lah berguna banget untuk para gamer.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest