Follow Us

Kecepatan Internet 5G Diuji di Tanah Air, Seberapa Ngebut Sih?

Dio Firdaus - Selasa, 03 Desember 2019 | 11:35
Kecepatan puncak internet 5G Telkomsel.
(KOMPAS.com/Reska K. Nistanto)

Kecepatan puncak internet 5G Telkomsel.

HAI-ONLINE.COM- Setahun belakangan, teknologi 5G memang sudah ramai dibincangkan banyak orang. Bahkan di beberapa negara berkembang seperti Korea dan Amerika Serikat sudah menggunakan koneksi ini.

Koneksi 5G sendiri diklaim punya kecepatan yang jauh banget lebih cepat dari pendahulunya, yang saat ini kita gunakan, yaitu 4G. Tapi sayangnya di Indonesia sendiri belum ada.

Namun, minggu lalu, Telkomsel menggelar sebuah pameran contoh kegunaan teknologi 5G yang diadakan di Batam dan ditengah-tengah acara itu ada pengujian kecepatan 5G.

Baca Juga: Robert Pattinson Berharap Batman Nggak Bakal Sebesar Twilight

Melansir informasi dari KompasTekno, saat pengetesan ponsel yang digunakan adalah Oppo Reno 5G dan menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla. Lantas seberapa cepet sih 5G punya Telkomsel di Indonesia ini?

Pengujian yang dilakukan KompasTekno ini sendiri menunjukan kecepatan download yang mencapai 887 Mbps sedangkan untuk upload 81 Mbps. Untuk ping atau angka latensi rendah abis sob, cuma 11 ms.

Buat kamu yang nggak percaya, langsung aja nih cek sendiri video pengetesannya:

Baca Juga: Bikin Teknologi 5G & Kerja di 16 Negara, Yudhi Rahadian Founder Techbros UG Bagi-Bagi Kunci Suksesnya!

Tapi eh tapi, 887 Mbps itu bukan kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan 5G loh, sob. Buktinya dilain kesempatan, kecepatan puncak yang dicapai oleh tim Telkomsel mencapai 1.1 Gbps!

Padahal menurut keterangan KompasTekno, pengujian ini sendiri dilakukan dalam kondisi jaringan yang ramai. Karena koneksi yang disediakan Ericsson itu digunakan untuk kegiatan lain seperti streaming 4K, drone bahkan cloud gaming.

Terus sekarang HAI jadi bertanya-tanya nih. Apakah kalau 5G di Indonesia sudah menyebar seperti 4G akan tetap sekencang itu? Menurut kalian sendiri gimana sob?

Source : kompastekno

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular