Follow Us

Nggak Cuma Bikin Rame, Dengerin Musik Pas Nyetir Juga Bagus untuk Tubuh

Dio Firdaus - Senin, 18 November 2019 | 18:40
Ilustrasi dengerin musik di mobil
iStockphoto

Ilustrasi dengerin musik di mobil

HAI-ONLINE.COM- Siapa nih yang kalau nyetir mobil bareng temen ataupun sendirian nggak bisa lepas dari musik? Dengerin musik itu emang bakal bikin mobil kita lebih rame dan terhindar dari ngantuk.

Terlebih lagi kalau lagu yang diputar adalah lagu-lagu kesukaan. Pastinya bikin perjalanan jadi nggak terasa.

Selain bikin rame dan penghilang bete, ternyata dengerin lagu di mobil itu bagus banget buat kesehatan tubuh loh sob.

Baca Juga: Hard Rock Bangun Hotel Berbentuk Gitar Pertama di Dunia Setinggi 137 Meter

Dalam sebuah makalah studi yang ditampilkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine, para peneliti melaporkan hasil yang menggembirakan dari studi yang melibatkan pengemudi yang tidak berpengalaman.

Peneli“Kami menemukan bahwa tekanan jantung pada peserta dalam percobaan kami berkurang dengan mendengarkan musik saat mereka mengemudi," kata peneliti utama Prof. Vitor Engrácia Valenti.

Untuk penelitian mereka, para peneliti merekrut lima sukarelawan wanita berusia antara 18 dan 23 tahun yang dalam kondisi sehat, bukan pengemudi kebiasaan, mereka mengemudi tidak lebih dari dua kali seminggu, dan telah menerima SIM mereka 1-7 tahun sebelum mulai dari penelitian.

Baca Juga: 6 Ketentuan Wajib Buat Kamu yang Mau Beasiswa SNMPTN dan SBMPTN 2020

Mereka kemudian menemukan bahwa ketika para peserta mendengarkan musik saat mengemudi dalam kondisi stres, mereka memiliki variabilitas detak jantung yang lebih tinggi daripada ketika mereka mengemudi dalam kondisi stres tanpa musik apa pun.

"Mendengarkan musik melemahkan stres moderat yang membebani para relawan yang mengalami saat mereka mengemudi," kata Prof Valenti, seperti dilansir dari Medical News Today.

Kepada pembaca yang mungkin bertanya-tanya mengapa para peneliti beralih secara khusus kepada peserta perempuan dalam penelitian mereka, para peneliti utama menjelaskan bahwa, pada tahap ini, mereka ingin dapat mengesampingkan pengaruh potensial dari hormon spesifik jenis kelamin.

"Jika pria, serta wanita, telah berpartisipasi, dan kami telah menemukan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, hormon seks wanita mungkin dianggap bertanggung jawab," catat Prof. Valenti

Hasil percobaan skala kecil, para peneliti berpendapat, menunjukkan bahwa mendengarkan musik santai memang bisa menjadi cara mudah untuk mencegah tingkat stres dari peningkatan dan mempengaruhi jantung ketika seseorang menemukan diri mereka terjebak dalam lalu lintas. (*(

Artikel ini pertama kali tayang di Intisari dengan judul "Dengarkan Musik Saat Mengemudi Tak Hanya Bisa Hilangkan Stres, Tapi Juga Bisa Lindungi Jantung, Lho!"

Source : intisari

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest